Let's Explore IT !

Kata mbah Bardolo, IT tidak hanya teknik.. IT tidak hanya sains..
Tetapi IT adalah juga seni, humanisme dan cinta....

Wednesday 16 January 2013

All About Desain Grafis


Salah satu mata kuliah yang saya ampu di semester Genap tahun 2012/2013 ini adalah Desain Grafis (untuk D3 Teknik Informatika) serta Mata Kuliah Desain dan Aplikasi Grafis  (untuk D3 Public Relations) FTI UKSW.  Beberapa teori mengatakan bahwa desain grafis merupakan suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (Wikipedia, 2012).

Beberapa hal yang akan dipelajari dalam kuliah ini antara lain adalah :
- Konsep Dasar desain Grafis
- Prinsip dan Unsur desain Grafis
- Merancang Desain Grafis
- Aplikasi Desain Grafis

Untuk Aplikasi Desain Grafis yang akan dipelajari adalah CorelDRAW untuk desain berbasis Vektor serta Adobe Photoshop untuk manipulasi grafis berbasis Image (Foto).  Desain berbasis Vektor penting digunakan ketika kita ingin merancang sendiri gambar yang akan kita buat. Vektor sendiri merupakan desaiin yang berbasis pada kurva, yaitu garis, kotak, lingkaran, poligon, dan bentuk garis lain, yang dapat diekspresikan secara matematika dalam sudut, koordinat dan jarak. Sedangkan aplikasi desain berbasis image digunakan untuk manipulasi foto realistik dan gambar kompleks yang membutuhkan detail halus

Buku Pegangan 
Salah satu buku yang akan digunakan untuk praktikum aplikasi desain grafis ini adalah buku Mastering CorelDraw X6, tulisan saya yang kebetulan baru diterbitkan oleh Elexmedia di akhir tahun 2012 yang lalu. (Promosi nih yee...-red ).  Kalau mau beli silakan di toko Gramedia pasti ada.. hehe... Tetapi kalau tidak beli juga tidak apa-apa karena saya pasti menyediakan modul sederhana yang bisa Anda gunakan untuk belajar.

Materi Kuliah
Materi kuliah bisa di download pada link di bawah, yang nantinya setiap minggu akan saya update secara bertahap. Monggo Cekidot.
- Introduction : perlu baca dulu disini.
- Materi selanjutnya segera menyusul.

8 comments:

andi nur said...

wah bukunya sangat menarik, jadi pengen beli

Teguh Wahyono said...

hehehehe... monggo mas :-)

blog tutorial said...

Pak, materi nya kapan di tambah, saya sudah 3 kali bolak-balik, hehe..

obat kista rahim said...

terimaaksih infonya

Obat Penyubur Kandungan said...

pak,saya sudah lihat yang materi lalu.kapan ditambah lagi materi selanjutnya..

trik desain pemula said...

wah bisa buat bahan tutor, patut dibaca nih kelebihan X6 ini

reber said...

ditunggu materi selanjutnya ya pak :)

dampak ledakan dan upaya mengatasinya

permasalahan kependudukan di indonesia

les privat sd smp sma said...

menguasai desain cocok buat bekal buka usaha percetakan

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Anda... Bebas kok :-)

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India