Let's Explore IT !

Kata mbah Bardolo, IT tidak hanya teknik.. IT tidak hanya sains..
Tetapi IT adalah juga seni, humanisme dan cinta....

Sunday 17 February 2013

Safety Browsing : Kampanye untuk Ber-internet Secara Sehat dan Aman

Perkembangan Internet dan Teknologi Informasi pada abad ini kian membubung bagai tak terbendung. Sadar atau tidak, manusia mulai menciptakan sendiri "ketergantungannya" terhadap teknologi tersebut. Tetapi  harus diakui, bahwa penggunaan internet dalam kehidupan manusia, ibarat menggunakan pisau bermata dua. Dampak penggunaan internet ibarat dua kutub yang berlawanan. Plus dan Minus.  Di satu sisi, internet memiliki manfaat luar biasa dalam "mendekatkan mereka yang berjauhan". Tetapi disisi lain, internet juga "menjauhkan mereka yang berdekatan". Tidak hanya itu, internet dalam pengaruh negatifnya, dapat menyebarkan virus-virus "mematikan" semacam cyberbullying,  hoax, phising sampai pada cyber crime.  Menyadari bahaya penggunaan internet, maka Lembaga Kemahasiswaan Fakultas Teknologi Informasi menyelenggarakan rangkaian Seminar "Ultimate IT" yang salah satu topiknya adalah Safety Browsing and Web Security for Client yang membahas tentang bagaimana berinternet secara sehat dan aman untuk pengguna. Seminar ini dilaksanakan pada tanggal 15 Februari 2013. Berikut adalah beberapa kutipan dari makalah yang saya sampaikan pada seminar tersebut.

Cyberbullying 
Cyberbullying berasal dari dua kata. Bullying berarti  tindakan berulang-ulang, dilakukan secara agresif dan bertujuan untuk menyakiti. Kata Cyber, berarti dilakukan di dunia maya. Jadi cyberbulying merupakan aktivitas menggunakan teknologi informasi dan komunikasi secara disengaja, berulang, mengandung permusuhan, yang dilakukan oleh individu atau kelompok dengan tujuan untuk melukai orang lain (baik secara kelompok  maupun indvidu).
Secara tidak sadar, seringkali kita terlibat menjadi pelaku cyberbully. Tengok saja serangan bertubi-tubi yang dilakukan oleh sekelompok orang di forum-forum dunia maya terhadap tokoh-tokoh  yang dianggap "musuh bersama". Lihat cacian, makian, umpatan dari kelompok pro KPSI kepada Johar Arifin, atau sebaliknya kelompok pro PSSI kepada pengurus KPSI. Itu adalah contoh sederhana cyberbully.  Cyberbully dapat menimpulkan dampak yang luar biasa, apalagi jika ditujukan kepada personal. Beberapa kasus bahkan telah menghilangkan nyawa orang. Seperti kasus Amanda Todd, remaja Kanada ini terpaksa harus mengakhiri hidupnya. Ia mengalami keresahan, “depresi berat” dan kepanikan setelah sebuah foto payudaranya, muncul di sebuah video chat online dengan orang asing, dan didistribusikan di komunitasnya di provinsi British Colombia. Sejak itu ia mulai di bully oleh teman-temannya sendiri. Karena tidak tahan, ia kemudian memilih mengakhiri hidupnya sendiri. Beberapa kasus cyberbully juga melanda gadis-gadis Indonesia. Ada Marietha Nova Trianing, remaja asal Sidoarjo yang dilarikan oleh salah seorang teman laki-lakinya yang ia kenal di Facebook. Dan juga Sylvia Russarina, mahasiswi fakultas kedokteran Semarang yang sempat heboh dikabarkan hilang, dan ternyata telah dilarikan oleh pria teman Facebook-nya.
Terimakasih Buat LK FTI atas "piala"nya... :-)
Maka berhati-hatilah menggunakan internet. Kedepankan rasio dan selalu pikirkan sebelumnya ketika Anda akan memposting sesuatu di internet. Jangan terlalu reaktif menanggap isu-isu yang dilontarkan di Internet. Ingat bahwa ketika Anda memposting sesuatu di Internet, maka siapapun yang terhubung dengan Anda bisa melihat hal tersebut.

To be Continued...

Disampaikan dalam Seminar "Ultimate IT" - Safety Browsing and Web Security for Client, di Auditorium FTI, Tanggal 15 Februari 2013.

9 comments:

obat asam urat said...

susah internet sehat di indonesia mah ..
obat asam urat

Teguh Wahyono said...

Hehe.... ya.. harus berusaha mas... :-)

Obat dan Kesehatan said...

yang penting blokir situs pornografi...

obat asam urat said...

saya dukung mas.....

pengobatan tradisional stroke said...

Internetan yang sehat,, memicu kecerdasan!

carakhasiatmanfaat.com said...

Setuju dan sangat mendukung untuk program internet aman, demi pembangunan mental yang lebih baik bagi generasi kita

Najla Alliya said...

menarik mas sharenya, oke ditunggu sambungannya :)

Abiyansz said...

Ini penting banget untuk dikuasai internet mania agar aman berselancar

Pecinta Buku Indonesia

Unknown said...

Bahaya banget cyberbullying bisa jadi lebih berbahaya dari pada bully di dunia nyata.
Kalo di luar negeri udah banyak peraturan-praturan tegas untuk menindak cyberbullying. Sistus yang harrypotter itu ngebuat nickname buat usernya juga untuk mencegah cyberbullying.

Indonesia enah bagaimana belum kedengeran ada peraturan tegas untuk menindak cyberbullying.

Artikel bagus tentang cyberbullying: http://ikelas.com/artikel-pendidikan/tentang-bullying/43/cyberbullying-lebih-berbahaya-dari-bullying-di-dunia-nyata

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Anda... Bebas kok :-)

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India