Let's Explore IT !

Kata mbah Bardolo, IT tidak hanya teknik.. IT tidak hanya sains..
Tetapi IT adalah juga seni, humanisme dan cinta....

Friday 20 March 2009

My First Rafting : Amazing Experience

Posting kembali artikel dari catatan lama.. Berbagi sebuah pengalaman yang tak terlupakan, tentang indahnya sebuah persahabatan...  

Sungai Elo, 20 Maret 2009
Hari itu, cuaca yang biasanya mendung nampak cerah, secerah wajah-wajah kami ber-enam. Ya.. hari itu kami, enam dari Ilkom UGM Yogyakarta (Pak Ardian, Mas Rudi, Beni, Maya, Pak Henry dan saya) akan memulai sebuah petualangan mendebarkan yang disebut dengan "Rafting".

Bagi saya, itu adalah pengalaman perdana. Dan nampaknya bagi kami berenam, hanya Pak Rudi yang sudah cukup berpengalaman sebelumnya. Dengan semangat 45, kami menuju Sungai Elo, sebuah sungai yang terletak di kawasan Kabupaten Magelang dekat dengan Candi Mendut dan Candi Borobudur. Perjalanan ke sungai ini kami tempuh dari sekitar 30 menit (start dari UGM Jogjakarta). Tepat pukul 13.00 kami sampai di lokasi. Setelah ganti baju, pakai pelampung, foto-foto sejenak dan mendapat sedikit breefing dari team Yogya Adventure, kami segera memulai petualangan.

Tidak jauh dari start poin (kurang lebih 20 meter), kami langsung dihadapkan dengan jeram pertama. Waahhh.. gila.. benar-benar memacu adrenalin. Jeram sungai menggulung-gulung perahu kita, mengombang-ambingkan dengan kasar kesana kemari. Untunglah Pak Barry, sang juru rafting dari Yogya Adventure yang mendampingi kita, cukup sigap mengatasi segala bentuk goncangan sang jeram. Dan ternyata teori tentang adrenalin benar bahwa sekali melewati titik ketakutan dalam dirimu, pasti akan ketagihan untuk mencobanya lagi”.

Setelah itu air cukup tenang membawa perahu karet yang kita pakai. Dan kalau air tenang, celakanya kita yang gak tenang.. Karena harus mendayung sekuat tenaga agar perahu kita jalan dengan lebih cepat. Pak Ardy yang terlihat paling bersemangat ketika mendayung, karena dia mengidentikkan dayungannya dengan angkat barbel ketika dia fitness.. Sama-sama membentuk bisep dan trisep, hehehe.. Lain lagi Beni.. Pemuda yang satu ini mendayung terus tanpa henti... Tapi ya itu, mendayungnya dengan lemah lembut.. Air di sungaipun tidak ber-riak oleh dayungannya.. (just kidding friend.. hehehe).

Sungai Elo memiliki jarak sepanjang 12 km dengan lama pengarungan lebih kurang 2,5 - 3 jam. Sepanjang sungai, kami bisa melihat pemandangan yang begitu indah. Kami berada di tengah-tengah sungai, dimana kanan kiri kami adalah tebing-tebing menjulang dengan pohon-pohon besar dan rimbun. Sungguh kami bisa merasakan keagungan Illahi dalam kondisi seperti ini. Entah berapa kali kami bertemu dengan para pemancing dan penjala ikan.. Sesekali, Maya (satu-satunya cewek di team kami), tak kuasa menahan tawanya melihat adegan "kolor ijo" di beberapa titik sungai. Pak Rudi dan Pak Henrypun tersenyum=senyum ketika berpapasan dengan ibu-ibu yang sedang mandi di Sungai.. Entah apa arti senyum itu (hahahaha...).

Menurut pak Barry, sungai Elo ini masuk kategori kelas III untuk Rafting. Cocok untuk kita-kita yang masih pemula, karena tingkat bahayanya yang masih tergolong rendah. Tetapi meskipun begitu, adrenalin kita cukup terpompa dengan kondisi yang ada. Apalagi pada satu kesempatan, pak Barry membuat kami berlima tercebur di kedalaman sungai dengan permainannya.
Dengan satu teknik pendayungan tingkat tinggi, Pak Barry membuat perahu kami terbalik. Wow.. kami panik bukan kepalang. Terutama aku. Karena aku termasuk pe-rafting yang nggak bisa renang.. Diantara kami memang hanya Pak Ardi, Maya dan pak Henry yang bisa renang. Sedang aku, pak Rudy dan Beny hanya bisa renang gaya batu. Ketika perahu di balik, aku tercebur ke kedalaman sungai. Bukan hanya itu.. Badan perahu karet itu menimpa tepat di atas kepalaku. Sontak aku panik bukan main. Tetapi aku segera ingat pepatah "Jika kamu panik, paniklah dengan tenang".. Untunglah, meski aku berada di bawah telungkupan perahu karet yang terbalik, tetapi perahu itu masih menyisakan rongga tempat untuk bernapas. Dan tak berapa lama, pak Barry segera mengembalikan perahu pada posisi semula.

To be Continued...

31 comments:

Ratna said...

Wah.. pengalaman mengasyikkan.. :-)

Unknown said...

Kenangan yang mengasyikkan hehehe

Teguh Wahyono said...

Halo pak Rudi... kangen untuk bersama lagi.. heheheh...
Thanks sudah mampir..

Anonymous said...

Very good site you have created. I enjoyed reading this posting. I did want to publish a comment to tell you that the design of this site is very aesthetically delightful.


Riso inkjet Printer

Teguh Wahyono said...

@Alice Clause.. Thanks for visit

Singh Sahib said...

Cool, well captured & documented your first rafting experience..

Teguh Wahyono said...

Thanks @Singh Sahib.. and thanks for visit my blog..

Unknown said...

Jadi pengen main rafting juga nih Pak !! Seru apa lagi bagian lewatin yang lagi mandi.. sangat memicu adrenalin neh !

Teguh Wahyono said...

Hahahahah.... ayo pak Irvan, kira rafting bareng-bareng.. :-)

arung jeram serayu said...

coba maen juga ke serayu bang yg grade nya lebih tinggi juga bang, pasti di jamin lebih memacu adrenaline . .

salam kenal semuanya

Bosan tempat wisata yang biasa-biasa saja atau kurang menantang? Mari rasakan sensasi wisata arung jeram di sungai serayu banjarnegara bersama kami Arung jeram serayu untuk informasi silahkan kunjungi website kami www.arungjeramserayu.com

pin:3135D400
telp : (0286) 5833313
mobile: +6285247097777

arung jeram said...

keren kak

rental mobil palembang said...

bagi yang ingin tantangan arung jeram kunjungi saja
Arung jeram di kota Palembang

Unknown said...

Keren masd blognya..
petualangnnya bikin pengen,kpan ya saya bisa seperti itu


ASUS Fonepad Tablet 7 Inci dengan Fungsi Telepon

review ASUS Fonepad Tablet 7 Inci dengan Fungsi Telepon


harga ASUS Fonepad Tablet 7 Inci

OBAT PEMBESAR PENIS said...

Wah.. pengalaman mengasyikkan

VIMAX said...

benar-benar menyenangkan

CHIP SAKTI said...

asyik banget tuh... bikin ketagihan

STAR PULSA said...

festival atau mainan biasa itu ya..

STAR PULSA said...

wah bikin ngiri arung jeramnya..

THALITA RELOAD said...

manteb banget kenangangnya.

PULSA MURAH said...

terima kasih telah berbagi...

PULSA MURAH said...

terima kasih banget atas informasinya

Anonymous said...

keren gan, jadi pengen coba...

Blog-AL

Selimut Buluk said...

fantastic !
cerpen

Unknown said...

Rafting memang seru, wisata akhir pekan bermain arung jeram memang sangat mengasyikan, salah satu referensi yang dapat kita kunjungi di Arung Jeram Magelangi , :)

Rinjani Trekking said...

Wah keren, pengalaman yang mengasyikkan, trima kasih untuk sharing nya

Sarung Motor Murah said...

Wah, asyik sepertinya ya Pak !, di Malang sebenarnya juga ada pak, tapi mau nyoba masih sedikit takut

vimax asli said...

Arung jeram mantab seger banget

Icah Banjarmasin said...

Arung jeram salah satu favorite saya.

agmtech said...

Wah pasti seru tuh, apalagi first rafting. Pasti menjadi moment yang tak terlupakan. Dari gambarnya aja udah keliatan kalo itu seru banget.

Body Rafting said...

Pengen nyoba arung jeram...

Syahransyah said...

Seandainya dekat mau juga nih mae arung jeram banger sama Abang..hee

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Anda... Bebas kok :-)

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India