Let's Explore IT !

Kata mbah Bardolo, IT tidak hanya teknik.. IT tidak hanya sains..
Tetapi IT adalah juga seni, humanisme dan cinta....

Thursday 31 July 2014

Peringkat TESCA 2014 : UKSW Masuk 10 Besar Terbaik Kategori Perguruan Tinggi Swasta se Indonesia


Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk bekerjasama dengan Dirjen Perguruan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dewan Teknologi dan Komunikasi Nasional (Detiknas), dan Asosiasi Perguruan Tinggi Ilmu Komputer (Aptikom) kembali mengumumkan Peringkat TESCA (Smart Campus Award), yaitu pemeringkatan yang mengukur pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Perguruan Tinggi di Seluruh Indonesia. Untuk tahun 2014 ini pemeringkatan dilakukan terhadap 565 perguruan tinggi.

Peringkat UKSW
Untuk kategori Universitas Swasta, Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) masuk dalam posisi 10 besar terbaik dengan nilai 4.442. Berikut adalah daftar 10 besar terbaik TESCA 2014 kategori Perguruan Tinggi Swasta :
  1. Universitas Bina Nusantara
  2. Universitas Gunadarma
  3. Universitas Budi Luhur
  4. Universitas Telkom Bandung
  5. STIMIK AMIKOM Yogyakarta
  6. Universitas Komputer Indonesia
  7. Universitas Kristen Satya Wacana
  8. Universitas Kristen Duta Wacana
  9. Universitas Ahmad Dahlan
  10. Universitas Nasional
Peringkat untuk perguruan tinggi swasta secara lengkap dapat diakses pada link berikut ini. Sedangkan untuk kategori umum (negeri dan swasta), UKSW menempati peringkat 17, sedikit turun dari tahun sebelumnya yang menempati peringkat 12. Tetapi masih berada dalam posisi 10 besar terbaik nasional kategori universitas swasta menunjukkan bahwa UKSW masih mampu untuk terus menjaga persaingan menjadi yang terbaik.

Di sisi lain, TESCA 2014 ini juga agak mengejutkan dengan menempatkan  2 Universitas Swasta dalam tiga besar yaitu Universitas Bina Nusantara (Peringkat 1) dan Universitas Gunadarma (Peringkat 3). Sementara Universitas Indonesia menempati peringkat 2 dan Universitas Airlangga menempati peringkat 4.

Tentang TeSCA 2014
TeSCA adalah sebuah program self assessment untuk mengukur pemanfaatan Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK) perguruan tinggi di Indonesia dengan menggunakan metode “ZEN Framework” yang akan mengukur beragam komponen mulai dari infrastuktur, aplikasi, sumberdaya manusia, hingga komponen kebijakan dan sebagainya. TeSCA diinisiasi oleh PT Telekomunikasi Indonesia Tbk bekerjasama dengan Dirjen Perguruan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dewan Teknologi dan Komunikasi Nasional (Detiknas), dan Asosiasi Perguruan Tinggi Ilmu Komputer (Aptikom).

Metode pemeringkatan yang digunakan adalah “ZEN Framewok”, yaitu suatu metodologi self assessment yang tersusun atas delapan parameter penilaian yaitu :  (1) Suprastruktur Kampus, (2) Infrastruktur Teknologi, (3) Profil Pemangku Kepentingan, (4) Ragam Pemanfaatan Aplikasi, (5) Strategi Pendidikan Nasional, (6) Dampak dan Manfaat Penerapan Teknologi, (7) Komunitas Eksternal dan (8) Adopsi Trend. Selanjutnya dari delapan parameter tersebut, dikembangkan ke dalam 39 sub parameter, yang kemudian diwujudkan menjadi 120 buah pertanyaan / kuesioner yang terkait pengukuran dan perkembangan pemanfaatan TIK di perguruan tinggi.
(Sumber :  http://www.tescaindonesia.org/)

Baca Juga :
- TESCA 2013 : UKSW Peringkat 12 Nasional, Terbaik di Jawa Tengah
- TESCA 2012 : UKSW Masuk 50 Besar

4 comments:

Unknown said...

Waah, selamat untuk seluruh civitas akademika UKSW.. Selamat Pak TGW, hehe..
Numpang ngetop pak Cara Membuat Aplikasi Android

Kang Ahmad said...

Selamat kepada Universitas yang berhasil mendapat Award, semoga saja dunia pemanfaatan teknologi untuk dunia pendidikan semakin maju

nendi said...

selamat dan tingkatkan terus prestasinya.

Unknown said...

selamat.. bangga pernah menjadi bagian di UKSW

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Anda... Bebas kok :-)

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India