Let's Explore IT !

Kata mbah Bardolo, IT tidak hanya teknik.. IT tidak hanya sains..
Tetapi IT adalah juga seni, humanisme dan cinta....

Wednesday 27 January 2016

Business Computation Research Group FTI Luncurkan Software Mitigasi Kredit

Banyaknya kasus kredit macet pada koperasi-koperasi mendorong Business Computation Research Group dari Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) membuat software yang dapat menganalisa pengajuan kredit. Software tersebut adalah SIMitik atau Sistem Informasi Mitigasi Resiko Kredit. Pengembangan software ini melibatkan beberapa dosen dan mahasiswa dari Program Studi D3 Teknik Informatika dan D3 Komputerisasi Akuntansi, diantaranya Teguh Wahyono, S.Kom.,M.Cs, Ariya Dwika Cahyono, S.Kom., MT dan Purwanto, SE.,M.Cs. Senin (25/1) kemarin, untuk memperkenalkan software ini diadakan acara Seminar Diseminasi Hasil Penelitian Mitigasi Resiko Kredit sekaligus launching software. Diadakan di café merah putih, kegiatan ini diikuti setidaknya 15 perwakilan koperasi di Salatiga dan sekitarnya.

Peserta dari Dinas dan Perwakilan 15 Koperasi menyimak dengan seksama
Teguh Wahyono, S.Kom.,M.Cs menuturkan software dikembangkan untuk dapat menganalisa mulai dari awal pengajuan kredit, sampai pada pemantauan kredit yang "ditengarai" akan bermasalah. Dengan data-data yang ada, analisa dilakukan untuk menentukan apakah ada potensi kredit macet atau tidak. “Cara kerjanya tidak rumit. Ada data yang diinput seperti data calon nasabah, kemudian komputer akan menganalisa untuk menentukan kondisi calon nasabah itu. Layak atau tidak untuk mendapatkan kredit dan juga pantauan angsurannya, apakah ada potensi kemacetan disana” terang Teguh Wahyono.
Bung Arya, Dosen FTI, salah satu pembicara
Ariya Dwika Cahyono, S.Kom., MT menambahkan software ini menggunakan sistem komputasional modern. “Software ini mengurangi peran manusia tetapi tidak mengurangi peran manusia dalam mengambil keputusan,” tandasnya. Dalam seminar kemarin peserta juga berkesempatan mendapatkan penjelasan cara kerja software. Teguh Wahyono menambahkan, karena sifatnya masih prototype, tim nya masih membuka kritik dan saran untuk penyempurnaan software.

Dr. Hindriyanto, Wakil Dekan FTI membuka acara
Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan FTI UKSW Hindriyanto Dwi Purnomo, Ph.D. Dalam sambutannya, Hindriyanto mengungkapkan bahwa fakultas memberikan dukungan penuh kegiatan-kegiatan penelitian dan diharapkan bersifat aplikatif, berguna bagi masyarakat.
“Termasuk apa yang sudah dibuat teman-teman di Business Computation Research Group ini yang berguna untuk koperasi. Hal ini baik dan sejalan dengan tri dharma perguruan tinggi,” tuturnya.

Sambutan dari Drs. Mulyadi, M.Si, Kepala Bidang Koperasi Desperidagkop Kota Salatiga
Senada, Kepala Bidang Koperasi Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Kota Salatiga Drs. Mulyadi, M.Si juga menyambut baik adanya software ini. Beliau berharap software ini bermanfaat bagi koperasi-koperasi di Salatiga. Pengelola simpan pinjam akan lebih baik dalam melakukan analisa sehingga persoalan kredit macet dapat diminimalisir.
(Sumber : Humas UKSW - www.uksw.edu).

1 comments:

wisata dieng said...

wah sangat berguna tuh mas :)

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Anda... Bebas kok :-)

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India