Let's Explore IT !

Kata mbah Bardolo, IT tidak hanya teknik.. IT tidak hanya sains..
Tetapi IT adalah juga seni, humanisme dan cinta....

Wednesday 6 December 2017

[Computer Science] Fenomena Cryptocurrency: Mata Uang Digital Berbasis Ilmu Kriptografi

Sumber Gambar : Bitcoin.Com
Bitcoin yang bikin heboh. Tetapi kali ini saya tidak ingin membahas tentang bagaimana heroiknya Bitcoin menembus nilai setara dengan lebih dari 180 juta rupiah. Saya ingin coba ngulik dari sisi kriptografi-nya, sebagai bagian dari ilmu komputer. Siapa tahu ada dari antara para mahasiswa di Jurusan Teknik Informatika yang tertantang untuk mengembangkan atau setidaknya melakukan penelitian tentang mata uang virtual ini. Mengapa tidak? Toh saat ini sudah berkembang berbagai mata uang virtual yang dikembangkan oleh para programmer-programmer dari berbagai belahan dunia, yang tentu ingin mengekor kesuksesaan sang legendaris Bitcoin. 

Dulu ketika pertama kali mendengar kata "Cryptocurrency", saya berfikir ini adalah cabang ilmu dari Cryptography, yang tentu juga merupakan bagian Computer Science. Sehingga sayapun segera tertarik untuk membaca dan mempelajarinya. Tetapi setelah membaca satu dua paper, ternyata berbeda dengan yang saya fikirkan sebelumnya, meskipun memang ada kaitannya. Tidak menyangka saja, bahwa saat ini Cryptocurrency berkembang dengan pesat, meski membawa pro dan kontra dalam penerapannya.

Cryptocurrency ternyata adalah mata uang digital yang penerapannya bersumber pada ilmu kriptografi. Kriptografi sendiri pada awalnya merupakan ilmu yang mempelajari cara-cara untuk mengamankan sebuah komunikasi, yang akhirnya berkembang ke berbagai aspek dalam keamanan informasi seperti pengiriman data rahasia, integritas data, autentikasi, pengamanan password dan sebagainya.

Lalu bagaimana Kriptografi diterapkan dalam Cryptocurrency?

Yang pertama adalah adanya digital signatures. Sebagaimana segala bentuk transaksi di bank yang membutuhkan tanda tangan, maka demikian juga dengan transaksi dalam cryptocurrency. Dan tentu saja bukan tandatangan konvensional yang dibutuhkan, tetapi tandatangan digital. Digital Signature adalah alat yang berfungsi sebagai penanda pada data, yang memastikan bahwa data tersebut adalah data yang sebenar-benarnya. Digital Signature dibuat setidaknya untuk memenuhi dua syarat utama sebuah keamanan jaringan, yaitu Authenticity dan Non-repudiation.


Sumber: www.blockgeeks.com

Autenticity, berarti tanda tangan digital harus memberikan verifikasi. Tanda tangan tersebut harus bisa memastikan bahwa kita-lah orang yang benar-benar menandatangani dokumen. Harus tidak bisa dipalsukan. Tidak ada orang lain yang bisa memalsukan dan menyalin tanda tangan kita.
Non-repudiation,artinya anti-penolakan. Jika Anda telah menandatangani sesuatu dengan tanda tangan Anda, maka Anda seharusnya tidak dapat mengambilnya kembali atau mengklaim bahwa orang lain telah melakukannya bukan Anda.

Dalam dunia nyata, betapapun rumitnya sebuah tanda tangan, ternyata selalu ada kemungkinan pemalsuan. Untuk itulah kriptografi memberi kita solusi melalui konsep digital signature yang dilakukan melalui penggunaan "kunci". Digital Signature bekerja dengan memanfaatkan dua buah kunci, yaitu kunci publik (public key) yang digunakan untuk mengenkripsi data, serta kunci privat (private key) yang digunakan untuk mendekripsi data. Cara kerjanya adalah dokumen di-hash menghasilkan Message Digest, lalu  Message Digest dienkripsi oleh kunci publik menjadi sebuah Digital Signature.

Yang kedua, Public Key inilah kemudian digunakan sebagai identitas, yaitu identitas seorang pelaku dalam sistem. Jadi jika kita melihat pesan yang disertai digital signature dibawah sebuah public key, maka public key itulah pelaku yang berkata dalam pesan tersebut. Tak heran ketika sebuah artikel di Bloomberg belum lama ini menyebutkan seorang pengguna mata uang virtual (cryptocurrency) menghasilkan kekayaan Rp 3,7 triliun dalam waktu satu bulan dari jumlah semula yang hanya Rp 733 miliar, dan kemudian muncul pertanyaan siapakah orang beruntung tersebut? Yang muncul kemudian hanya identitas yang berupa sederet kombinasi angka dan huruf rumit  "0x00A651D43B6e209F5Ada45A35F92EFC0De3A5184". Waduh, siapakah dia sebenarnya? Tidak ada yang tahu, meskipun ada yang menengarai orang tersebut berasal dari Indonesia. (Monggo yang mau cekidot Link artikel Bloomberg).

Sumber :https://www.ssl2buy.com/wiki
Berikutnya adalah Enkripsi data. Enkripsi adalah metode dalam kriptografi yang digunakan untuk mengirim pesan rahasia. Enkripsi merupakan proses mengamankan suatu informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa bantuan pengetahuan khusus (wikipedia). Dalam konteks ini, perangkat lunak cryptocurrency mengenkripsi setiap transaksi yang terjadi didalamnya. Dengan enkripsi data, pengirim dan penerima teridentifikasi hanya melalui sebuah rangkaian kode. Pembeli dan penjual dalam model ini tetap tidak diketahui, meskipun pelaku bisa melihat pergerakan koin dari pengirim satu ke penerima yang lain.

Jika anda ingin belajar lebih lanjut tentang ilmu dibalik Cryptocurrency ini, bisa cekidot link berikut : The Science Behind Cryptocurrencies Cryptography. Ayo, siapa tertantang menciptakan mata uang virtual sendiri?


5 comments:

Dwiex said...

Dari yg pernah saya baca ataupun dengar,banyak juga orang indonesia yg kaya dlm satu bulan,hanya orang2 yg memiliki pandangan kedepan yg penuh harapan disertai keberanian juga modal merwkalah ygsukses di mata iang virtual

Anonymous said...

I could not refrain from commenting. Well written!

Anonymous said...

Very good post! We will be linking to this great article on our website.
Keep up the great writing.

Anonymous said...

I would like to point out my gratitude for your kindness supporting men who require assistance
with that niche. Your special commitment to passing
the message up and down appeared to be incredibly advantageous and
have without exception allowed others like me to
achieve their objectives. This warm and helpful recommendations
indicates this much to me and additionally to my peers.

Many thanks; from all of us.

Anonymous said...

Hii I m Smith Mia, If you need guidance for and
Roku issues then we are here to serve best
and optima lsolution to solve your issues.

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Anda... Bebas kok :-)

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India