Let's Explore IT !

Kata mbah Bardolo, IT tidak hanya teknik.. IT tidak hanya sains..
Tetapi IT adalah juga seni, humanisme dan cinta....

Saturday 8 September 2018

[Python for AI] Instalasi Python Menggunakan Anaconda


Jika Anda akan menggunakan bahasa pemrograman Python, maka Anaconda adalah salah satu paket idola karena di dalamnya sudah berisi berbagai tools untuk melajalankan Python seperti Spyder dan Jupyter Notebook. Sehingga   kita tidak harus menginstalnya secara terpisah-pisah. Anaconda (Anaconda Distribution) dibuat oleh Continuum, dapat digunakan secara gratis, memiliki banyak package dan tool termasuk Python distribution di dalamnya.  Conda memiliki package management system dan environment management system untuk mempermudah pengelolaanya. Distribusi ini dapat beroperasi pada sistem operasi Windows, Linux, OS X dan Windows. Tadinya ini dibuat untuk membuat package untuk Python, sekarang ia bisa melakukan itu untuk software lainnya.

Unduh Installer Anaconda

Instalasi Anaconda bisa dilakukan dengan mengunduh installer-nya terlebih dahulu di website repo continuum (https://repo.continuum.io/archive). Pada repository tersebut Anda bisa memilih versi Anaconda sesuai kebutuhan, tentunya disesuaikan dengan versi Python yang diinginkan. Sebagai contoh yang akan diinstall ini menggunakan Anaconda 3 versi 4.2.0 untuk Windows 64 bit. Gambar di bawah menujukkan installer yang telah berhasil di unduh.


Proses Instalasi

Setelah mengunduh dan mendapatkan master instalasi, berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan.
  • Double klik installer Anaconda seperti yang ada pada di atas, dan akan muncul tampilan seperti di bawah ini.
  • Klik tombol Next untuk melanjutkan proses dan selanjutnya akan tampil kotak Licence Agreement seperti di bawah ini.
  • Bacalah terlebih dahulu poin-poin yang ada di dalam kotak License Agreement, dan jika Anda setuju, tekan tombol I Agree untuk melanjutkan
  • Kotak dialog yang tampil berikutnya seperti pada gambar di atas adalah kotak pemilihan tipe instalasi. Disarankan pilih default saja atau All User (tipe instalasi untuk semua user dalam komputer). Setelah itu tekan Next dan akan muncul tampilan untuk memilih Destinaton Folder atau folder lokasi instalasi.
  • Anda bisa memilih lokasi instalasi dengan menekan tombol Browse. Tetapi jika tidak ada kebutuhan khusus, disarankan untuk membiarkan pilihan default saja, yaitu melakukan instalasi pada folder Program Files.
  • Setelah memilih folder lokasi instalasi, tekan tombol Next dan akan muncul kotak dialog Advanced Installation Options sebagai berikut.
  • Untuk opsi instalasi di atas, juga disarankan untuk membiarkannya default saja dengan memilih 2 opsi yang disediakan. Selanjutnya klik tombol Install.
  • Proses instalasi berjalan, tunggu sampai selesai prosesnya.
  • Selanjutnya setelah instalasi selesai, Anda bisa mencoba membuka Anaconda Navigator pada start menu windows. 

Jika Navigator terbuka seperti pada gambar di atas, maka instalasi telah berhasil, tetapi  jika tidak perlu di cek apakah proses instalasi sudah dilakukan dengan benar.

0 comments:

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Anda... Bebas kok :-)

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India