Let's Explore IT !

Kata mbah Bardolo, IT tidak hanya teknik.. IT tidak hanya sains..
Tetapi IT adalah juga seni, humanisme dan cinta....

Thursday 19 March 2020

Memanfaatkan Zoom Cloud untuk Pembelajaran Jarak Jauh

Dalam upaya memutus mata rantai penyebaran COVID 19 di Indonesia, Presiden Joko Widodo mengumumkan kebijakan social distance, dimana masyarakat dihimbau untuk beraktivitas produktif dari rumah masing-masing. Hal ini disampaikan Presiden Jokowi dalam konferensi pers di Istana Bogor pada Senin (16 Maret 2020). "Kebijakan belajar dari rumah, bekerja dari rumah, dan ibadah dari rumah perlu terus digencarkan untuk mengurangi pengurangan penyebaran virus Covid-19," ujar Presiden Jokowi.

Untuk mendukung kebijakan bekerja dan belajar dari rumah, banyak aplikasi dan platform teknologi yang bisa digunakan. Beberapa diantaranya adalah Skype dari Microsoft, Connect Wise Control, Hangout dari Google, Cisco Webex dan tentu saja Zoom Clouds. Nah yang akan kita bahas saat ini adalah Zoom Clouds. Aplikasi Zoom Clouds merupakan aplikasi yang dengan fitur-fitur yang dimilikinya, mendukung model pembelajaran jarak jauh antara dosen atau guru dengan siswa-siswanya. Aplikasi yang merupakan jenis meeting online application dengan konsep screen sharing ini memungkinkan pengajar bertatap muka dengan siswanya sampai lebih dari 100 orang partisipan. Perangkat yang digunakan bisa PC atau laptop atau smartphone. Jadi dalam satu sesi, dosen atau guru bisa langsung mengajarkan materi kepada siswa-siswanya baik secara oral, ataupun menggunakan media bantu seperti power point atau yang lainnya.

Zoom sendiri dikembangkan sejak tahun 2011 oleh seorang insinyur kepala dari Cisco Systems dan unit bisnis kolaborasinya, WebEx. Pelopornya adalah Eric Yuan, lulusan Stanford University yang sebelumnya pernah menjabat wakil presiden bidang teknik di Cisco. Berama dengan David Berman dari WebEx, mereka meluncurkan layanan Zoom sejak Januari 2013, dan empat bulan berikutnya mengklaim sudah mendapatkan satu juta partisipan.

Zoom berkembang pesat dan banyak disukai penggunanya karena memiliki fitur yang cukup lengkap. Penggunaan aplikasi secara gratis diberikan cukup menarik dengan beberapa fitur seperti berikut:

  • Mampu menampung hingga 100 partisipan 
  • Jumlah pertemuan (meeting) tidak terbatas 
  • Dapat melakukan share screen kepada semua partisipan sehingga siswa dapat melihat apapun yang dosen atau guru tampilkan di layar seperti slide power point, video pembelajaran dan lain-lain. 
  • Meeting satu orang dengan satu orang dapat dilakukan tanpa pembatasan waktu. 

Meskipun demikian versi gratis ini memiliki kelemahan bahwa untuk sekali pertemuan (meeting) dalam satu kelompok dibatasi maksimal hanya sampai 40 menit saja. Jika membutuhkan waktu lebih, kita bisa mengulangnya dengan meeting baru.

Jika Anda tertarik menggunakan Zoom Cloud bisa mengunduh panduan berikut ini.
Download Panduan Zoom Clouds.

Atau berikut ini:
Download Cadangan






0 comments:

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Anda... Bebas kok :-)

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India