Let's Explore IT !

Kata mbah Bardolo, IT tidak hanya teknik.. IT tidak hanya sains..
Tetapi IT adalah juga seni, humanisme dan cinta....

Wednesday 21 October 2020

Mencari Journal terindeks Scopus yang cocok dengan paper kita

Melakukan publikasi ilmiah bagi seorang dosen merupakan sebuah "harga mati". Disamping tuntutan untuk kepentingan pengurusan Jabatan Fungsional, publikasi merupakan sebuah keharusan agar ide-ide penelitian yang kita lakukan tidak hanya tersimpan di laci arsip atau rak perpustakaan saja, tetapi dapat dibaca, diketahui dan dimanfaatkan oleh khalayak. 

Meski demikian, ketika kita sudah memiliki paper untuk dipublikasikan, permasalahan berikutnya adalah kemana kita akan mempublikasikan paper tersebut? Journal ilmiah mana yang cocok dengan karakteristik paper kita. 

Beberapa penerbit besar yang memberikan jaminan mutu publikasi seperti Springer, Elsevier, dan Wiley sudah membuatkan sebuah sistem yang mempermudah kita untuk menemukan jurnal yang cocok dengan paper yang kita miliki. 

Berikut adalah journal sugester atau journal finder yang bisa digunakan:

Sugester tersebut biasanya meminta kita mengisikan judul, abstrak dan kata kunci dari paper kita, lalu mereka akan mencoba menemukan jurnal yang sesuai dengan paper tersebut dan memberikan rekomendasi kepada kita.

Beberapa link penting terkait:
Yukk silakan dicoba.

0 comments:

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Anda... Bebas kok :-)

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India