Let's Explore IT !

Kata mbah Bardolo, IT tidak hanya teknik.. IT tidak hanya sains..
Tetapi IT adalah juga seni, humanisme dan cinta....

Sunday 30 September 2012

Mengasah Kreativitas, Mendulang Prestasi melalui PKM Dikti

Memory ini masih jelas mengingat ketika pada suatu kesempatan, saya ikut dalam hingar bingar kegembiraan Team UKSW kala berhasil meraih medali emas dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) tepatnya pada PIMNAS XXI di Unnisula Semarang.  Ketika itu Team UKSW berhasil meraih 1 emas, 1 perak, 1 perunggu, dan menjadi tim dengan peringkat tertinggi se Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah. (Lihat catatan Saam Fredy di situs UKSW "Catatan Pimnas XXI : UKSW Bisa!", catatan Komunitas Pointer "Akhirnya Emas itu Datang", atau berita "Software Karya Mahasiswa UKSW raih Medali PIMNAS"). Tetapi sayang sekali bahwa tradisi emas UKSW tersebut belum berlanjut di tahun-tahun berikutnya sampai saat ini. Menurut catatan saya (mohon dikoreksi jika salah), UKSW pada tahun 2009, 2010 dan 2011 memang meloloskan belasan team  untuk mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Dikti, tetapi belum ada lagi yang berujung pada medali emas di PIMNAS.

Kesempatan untuk mendulang berprestasi itu kini datang lagi. Terhitung sejak 1 Oktober 2012 ini, Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Ditjen Pendidikan Tinggi kembali memberi kesempatan kepada  mahasiswa perguruan tinggi negeri maupun swasta untuk mengajukan usulan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dalam 5 bidang yaitu :  PKMP (Penelitian), PKMM (Pengabdian), PKMK (Kewirausahaan), PKMT (Teknologi) dan PKMKC (Karya Cipta) yang akan didanai untuk kegiatannya di tahun 2013. Untuk UKSW, pengajuan proposal bisa dilakukan melalui Biro Kemahasiswaan dan diharapkan terkumpul sebelum tanggal 25 Oktober 2012, sebelum Biro Kemahasiswaan mengirim proposal tersebut ke Dikti. Satu lagi perubahan yang cukup menarik yaitu bahwa batas pendanaan PKM mulai tahun 2013 ini ditingkatkan sampai senilai Rp. 12,5 juta. Wah.. tentu akan memberikan semangat baru bagi mahasiswa pecinta PKM. Sebuah nilai yang lumayan bagi kocek mahasiswa.. :-)

Mengapa PKM Penting ?

Lulusan sebuah perguruan tinggi dituntut untuk memiliki academic knowledge, skill of thinking, management skill, dan communication skill. Kekurangan atas salah satu dari ke empat keterampilan/kemahiran tersebut dapat menyebabkan berkurangnya mutu lulusan. Sinergisme ke empatnya akan tercermin melalui kemampuan lulusan dalam kecepatan menemukan solusi atas persoalan-persoalan atau tantangan-tantangan yang dihadapinya. Perilaku dan pemikiran yang ditunjukkan akan bersifat konstruktif realistik, artinya kreatif (unik dan bermanfaat) serta dapat diwujudkan. Kemampuan berpikir dan bertindak kreatif pada hakekatnya dapat dilakukan setiap manusia apalagi yang menikmati pendidikan tinggi. Oleh karena, kreativitas merupakan jelmaan integratif 3 (tiga) faktor utama dalam diri manusia, yaitu: pikiran, perasaan dan keterampilan. Dalam faktor pikiran terdapat imajinasi, presepsi dan nalar. Faktor perasaan terdiri dari emosi, estetika dan harmonisasi. Sedangkan faktor keterampilan mengandung bakat, penalaran dan pengalaman. Dengan demikian, agar mahasiswa dapat mencapai level kreatif, ketiga faktor termaksud diupayakan agar optimal dalam sebuah kegiatan yang diberi nama Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Panduan lengkap PKM 2012-2013 bisa di unduh di halaman berikut ini.

0 comments:

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Anda... Bebas kok :-)

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India