Let's Explore IT !

Kata mbah Bardolo, IT tidak hanya teknik.. IT tidak hanya sains..
Tetapi IT adalah juga seni, humanisme dan cinta....

Friday 21 September 2012

Mengenal Gaya Selingkung Artikel Ilmiah


Secara umum terdapat dua gaya penulisan di dalam sebuah publikasi, yaitu gaya publikasi POPULER versus gaya publikasi ILMIAH. Coba perhatikan perbedaan gaya penulisan di bawah ini.

"Mengacu pada pendapat James Bower (1995), Sistem Informasi adalah suatu cara tertentu untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh organisasi untuk beroperasi dengan cara yang sukses dan hasil yang menguntungkan. Sementara Johansyah (2008) menyatakan bahwa Sistem Informasi terdiri dari komponen-komponen dalam organisasi untuk mencapai suatu tujuan yaitu menyajikan informasi."

Atau perhatikan yang ini :

"Tahukan Anda apa itu Sistem informasi? Mungkin Anda pernah baca bukunya sang Maestro James Bower tentang Sistem Informasi. Menurut James Bower, Sistem Informasi adalah suatu cara tertentu untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh organisasi untuk beroperasi dengan cara yang sukses dan hasil yang menguntungkan. Jelas Bukan?"

Kedua artikel tersebut sama-sama membahas tentang pengertian Sistem Informasi, tetapi memiliki gaya penulisan yang berbeda. Gaya pertama adalah gaya Penulisan Ilmiah, sedangkan gaya yang kedua merupakan gaya Penulisan Populer. Penulisan ilmiah, tentu harus mengikuti kaidah-kaidah tertentu agar bisa dianggap sebagai karya ilmiah. Misalnya harus menggunakan ejaan yang disempurnakan, tidak boleh menggunakan kata ganti orang, dan sebagainya.

Selanjutnya meskipun aturan umumnya sama, tetapi terkadang antara satu artikel ilmiah dengan artikel ilmiah yang lain memiliki format yang berbeda. Penulisan artikel ilmiah memang memiliki format standard tertentu seperti pendahuluan, metodologi, pembahasan dan penutup. Tetapi tata cara dan teknik penulisannya bisa saja berbeda satu sama lain sesuai dengan kebutuhan dimana artikel tersebut ditulis. Gaya penulisan artikel ilmiah tertentu mungkin berbeda dengan gaya penulisan artikel ilmiah lain. Gaya penulisan yang berbeda-beda itulah yang disebut dengan nama Gaya Selingkung. Sebagai contoh, gaya selingkung penulisan Jurnal AITI di FTI UKSW tentu berbeda dengan gaya penulisan Jurnal SISTEM KOMPUTER UNDIP, meski format umumnya sama. Download materi lengkap kuliah Penulisan Karya Ilmiah pertemuan 2 disini.

Tugas (Teliti) :

Bentuk sebuah kelompok, 1 kelompok beranggotakan 3-4 orang.
Carilah :
1. Majalah Populer (minimal 1 saja), kalau bisa yang tentang teknologi, misal PC Plus, Komputek, dan sebagainya.
2. Majalah Ilmiah (minimal 2 saja) -> Contoh Jurnal AITI UKSW, Jurnal Sistem Komputer Undip, atau yang lainnya. Jurnal AITI bisa didapatkan di TU FTI Gratis, sedangkan yang lain bisa dicari secara online.

Selanjutnya lakukan sebagai berikut :
1. Carilah dan jelaskan perbedaan gaya penulisan antara Majalah Populer dan Jurnal Ilmiah yang Anda temukan tersebut.
2. Selanjutnya pahami gaya penulisan (gaya selingkung) masing-masing Jurnal Ilmiah. Jelaskan perbedaan style-nya antara yang satu dengan yang lain.
3. Buat laporan tentang hasil jawaban 2 pertanyaan di atas, tulis dalam blog salah satu anggota, dan upload paling lambat hari Senin depan.
4. Minggu depan hasilnya di presentasikan dan didiskusikan di kelas.

8 comments:

D'Genera Blog said...

Judul arikelnya menarik dan unik kawan...
Krn itu saya jadi terpancing masuk ke sini. ^^
Salam kenal sukses selalu

Rumah Dijual di Sukabumi said...

Terima kasih banyak atas informasinya.. Jadi tambah wawasan tentang berbagai macam gaya penulisan yang bisa saya pakai untuk menulis artikel2 say.. Salam sukses..

fachrizkii said...

mantaapp tipsnya ^^

jaket kulit said...

ijin menyimak judulnya bikin penasaran salam kenal kawan

obatasamurat289 said...

terima kasih infonya

obatmaag289 said...

info yang menarik terima kasih

obatmaag289 said...

info yang menarik terim kasih

obatautoimun86 said...

kunjungan siang

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Anda... Bebas kok :-)

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India