Let's Explore IT !

Kata mbah Bardolo, IT tidak hanya teknik.. IT tidak hanya sains..
Tetapi IT adalah juga seni, humanisme dan cinta....

Monday 19 September 2016

[Kuliah Kapita Selekta 1.2] Tugas Wajib Menyusun Proposal PKM Dikti



Seperti tradisi yang sudah terjadi sebelumnya, pada saat penyajian mata kuliah Kapita Selekta (dulu : Penulisan Karya Ilmiah) di bulan September - Oktober selalu bersamaan dengan masa pengajuan proposal PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) ke Kemenristekdikti. Dan dari tahun ke tahun, mahasiswa peserta kuliah ini selalu menyumbang setidaknya 10-20 proposal PKM ke dikti. Beberapa diantaranya berhasil lolos dan mendapatkan dana hibah, dan bahkan beberapa lolos untuk mengikuti PIMNAS atau Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional, yang merupakan muara dari semua kegiatan PKM Dikti.  Oleh karena itu, bagi mahasiswa yang mengambil kuliah Kapita Selekta semester Gasal 2016/2017, inilah saatnya tunjukkan kreativitasmu.

Tentang PKM Dikti

Pada bulan September ini, Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Ditjen Pendidikan Tinggi kembali memberi kesempatan kepada  mahasiswa perguruan tinggi negeri maupun swasta untuk mengajukan usulan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dalam 5 bidang yaitu :  PKMP (Penelitian), PKMM (Pengabdian), PKMK (Kewirausahaan), PKMT (Teknologi) dan PKMKC (Karya Cipta) yang akan didanai untuk kegiatannya. Untuk memahami tentang PKM Dikti ini, silakan cekidot panduan sebagai berikut :
Apa yang harus Anda lakukan selanjutnya?

Mahasiswa yang mengambil kuliah Kapita Selekta diwajibkan untuk mengikuti kegiatan ini, dengan menyusun proposal salah satu jenis PKM yang diinginkan. Tahapannya adalah sebagai berikut.
  1. Bentuk kelompok PKM, satu kelompok beranggotakan 3-4 orang.
  2. Pilih salah satu jenis PKM yang akan Anda ikuti. Apakah itu PKM Penelitian, Pengabdian, Kewirausahaan, Pengembangan Teknologi atau Karya Cipta.
  3. Tentukan topik atau judul kegiatannya, kemudian susunlah satu dua kalimat yang mendiskripsikan kegiatan Anda nantinya.
  4. Pertemuan tanggal 21 September 2016, untuk Kelas B harus sudah mengumpulkan nama kelompok dan mengerjakan Bab I (Pendahuluan). Untuk contoh Bab I dapat di download pada contoh-contoh di bawah ini.
Berikut adalah contoh-contoh proposal yang sudah pernah dibuat oleh kelompok mahasiswa pada kuliah ini tahun-tahun sebelumnya :
  1. PKM Karya Cipta : LANUSA - Pengembangan Aplikasi Lagu Anak Nusantara
  2. PKM Teknologi : Pengembangan Software Pembelajaran Aksara Jawa Berbasis Multimedia
  3. PKM Kewirausahaan : Souvenir Salatiga
  4. PKM Pengabdian : Cinta Lingkungan Online
  5. PKM Pengabdian : Pembangunan Jaringan Bagi Sekolah Terpencil
  6. PKM Kewirausahaan : Service laptop On The Spot
Dan pagi ini, tak sengaja saya membaca sebait puisi di buku pelajaran anak saya yang kelas 5 Sekolah Dasar. Begini kutipannya..

Hari masih pagi
Semangat kita terlalu dini untuk mati..
Beprestasilah selagi muda 
Ketika kita berlimpah energi untuk berkarya..

Mari, tunjukkan kreativitasmu, anak-anak muda Satya Wacana !


4 comments:

SyamsQ said...

Saya tidak tahu siapa yang menyingkat jadi "PKI" tapi singkatan itu yang membuat jadi menarik.

nendi said...

sangat menarik sekali. nice post

herry said...

hee kirain pki yang satunya, thanks pak atas sharingnya

Firoz Khan said...

Visit at http://www.myessay.biz if you are searching for Who Can Write My Essay”? You’re at the right website!

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Anda... Bebas kok :-)

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India