Let's Explore IT !

Kata mbah Bardolo, IT tidak hanya teknik.. IT tidak hanya sains..
Tetapi IT adalah juga seni, humanisme dan cinta....

Tuesday 2 July 2013

[Kuliah Etika Profesi] Tugas 3 : Cyber Ethics - Etika dalam dunia Internet

Sumber Gambar : martinprint.com.au
Sejak awal peradaban, manusia selalu termotivasi memperbarui teknologi yang ada. Hal ini merupakan perkembangan yang hebat dan terus mengalami kemajuan. Dari semua kemajuan yang signifikan yang dibuat oleh manusia sampai hari ini, salah satu yang luar biasa adalah perkembangan internet. Internet adalah sebuah jaringan komputer global, yang menghubungkan manusia dari berbagai belahan dunia tanpa batas ruang dan waktu. 

Istilah internet juga identik dengan cyberspace atau dunia maya. Dysson (1994) memberikan suatu definisi tentang cyberspace yaitu suatu ekosistem yang bersifat bioelektronik. Cyberspace terjadi di manapun ketika ada telepon, kabel coaxial, fiber optik, atau gelombang elektomagnetik. Tentu tidak ada yang tahu pasti seberapa luas dunia cyberspace ini. Sebagai contoh, di tahun 2001 saja sebanyak 135 negara telah mempunyai akses, 54 kota di dunia adalah host utama dan hampir 72 juta orang melakukan koneksi terhadap dunia tersebut setiap hari.

Pemakaian pemakaian Internet juga telah mengalami kemajuan yang sangat signifikan. Jumlah dari paket data yang mengalir melalui saluran ini telah mengalami peningkatan pesat. Dan sebagaimana yang terjadi di dunia nyata, internet sebagai dunia maya juga banyak mengundang tangan-tangan usil dalam beraksi, baik untuk mencari keuntungan materi maupun sekedar untuk melampiaskan keisengan. Untuk itulah dibutuhkan adanya cyber ethics atau etika berinternet.

Terkait dengan topik Cyber ethics, diskusikan hal-hal sebagai berikut.

Soal A
Dikerjakan oleh Semua Kelompok

Diskusikan dengan kelompok Anda, jelaskan urgensi atau alasan-alasan pentingnya cyber ethics dalam pergaulan di dunia internet.


Soal B
Dikerjakan oleh Kelompok Tertentu

Pelanggaran etika berinternet, mungkin saja bukan sebuah tindak kriminalitas. Tapi dalam batas-batas tertentu dapat menyebabkan terjadinya sebuah kejahatan. Berikut ini adalah berbagai contoh kasus yang sering terjadi terkait dengan etika dalam dunia internet yaitu :
  1. Cyberbulying (dikerjakan kelompok (1) Megawati Sahuleka dan (4) Wijaya Nugroho).
  2. Hoax (dikerjakan kelompok (2) Randy dan (6) Alfred Lay)
  3. Typosquatting  (dikerjakan kelompok (3) Imanuel Susanto dan (7) Juliet Queen)
  4. Cybersquatting (dikerjakan kelompok (5) Ary Kurniawan dan (8) Dendy ) 
Selanjutnya lakukan analisa terhadap kasus-kasus tersebut (sesuai kelompok masing-masing) sehingga Anda dapat memahami kasus tersebut dan upaya penyelesaiannya. Jadi analisa kasus harus memuat :
  1. Pengertian dari istilah yang dimaksud.
  2. Carilah contoh kasus nyata yang pernah terjadi terkait dengan masing-masing istilah dalam pelanggaran etika berinternet tersebut.
  3. Bagaimana upaya penyelesaian masalah atau solusi dari kasus tersebut menurut kelompok Anda.
  4. Adakah aturan pemerintah atau aturan perundangan yang dapat digunakan sebagai acuan dalam menangani kasus tersebut.
Penjelasan :

Diskusikan hal tersebut mulai hari Rabu, 3 Juli 2013 mulai jam 15.00 sampai selesai. Usahakan untuk didiskusikan di kelas atau di kampus untuk menggantikan pertemuan tatap muka dengan dosen (mengingat pada jam tersebut dosen tidak bisa hadir di kelas karena suatu tugas dari Fakultas). 

Buatlah laporan hasil diskusi yang diketik dengan Microsoft Word dan kumpulkan melalui email saya teguhsalatiga@yahoo.com, paling lambat satu hari sesudahnya yaitu Kamis, 4 Juli 2013 jam 16.00 Wib. Perhatikan hal-hal sebagai berikut dalam membuat laporan hasil diskusi :
  1. Cari sumber artikel yang jelas dan bisa dipercaya (usahakan jangan anonim).
  2. Hindari Copy Paste dan Plagiasi dari artikel lain.
  3. Cantumkan daftar pustaka dari buku atau artikel yang Anda gunakan sebagai acuan.
Hari Jumat, 5 Juli 2013, hasil diskusi dari 4 kelompok yang terbaik akan saya posting di blog ini (twahyono.blog.uksw.edu). Anggota kelompok lain diharapkan menanggapi hasil diskusi tersebut secara online menggunakan fasilitas comment yang ada di setiap artikel posting. Setiap tanggapan anggota kelompok lain harap menyertakan nim, sehingga saya bisa mencatatnya untuk mendapatkan poin keaktifan berdiskusi. Kelompok yang artikelnya ditanggapi harap memberi tanggapan balik (juga secara online menggunakan fasilitas comment) atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan tersebut.

Hari Rabu, 10 Juli 2013, kelompok yang hasil diskusinya tidak diposting di blog ini akan mempresentasikan hasilnya di kelas secara langsung.

Selamat Mengerjakan!

2 comments:

Unknown said...

terimakasih ya ..

fb-cash-formula
linkedin-mega-bundle
fitness-money
one-problem-product-creation
link-building-secrets-exposed
definitive-crypto-coin-profit-formula
gorilla-evolution-software
easy-optin-builder-pro-version
timer-bar-plugin
go-fast-facebook-marketing-videos

blogger said...

thanks for sharing information through this paper, I strongly feel happy, visiting the blog and leave a comment on each

post you

OBAT PEMBESAR PENIS PERMANEN
FOTO HOT ABG
FOTO PERAWAN
MEMEK PERAWAN
FOTO BUGIL
CERITA DEWASA

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Anda... Bebas kok :-)

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India