Let's Explore IT !

Kata mbah Bardolo, IT tidak hanya teknik.. IT tidak hanya sains..
Tetapi IT adalah juga seni, humanisme dan cinta....

Thursday 26 September 2013

[Penulisan Karya Ilmiah] Tugas-tugas Semester 1 2013/2014

Posting Date : 18 September 2013

Mata Kuliah kali ini adalah Penulisan Karya Ilmiah untuk mahasiswa program studi D3 Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi UKSW. Kata kuncinya adalah "menulis" dan "ilmiah". Tentang menulis, semua orang pasti bisa melakukannya. (Lebih jauh tentang menulis ini silakan tengok pada artikel lama saya "Menulis itu mudah dan menguntungkan" - red). Tetapi menulis ilmiah, tentu membutuhkan kaidah-kaidah tertentu agar artikel yang dihasilkan  dapat di justifikasi sebagai artikel ilmiah.

Tentang Artikel Ilmiah
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, artikel ilmiah merupakan karya tulis sebagai hasil analisa suatu kejadian. Artikel tersebut harus disusun memenuhi kaidah ilmu pengetahuan. Artikel tersebut merupakan hasil berpikir ilmiah, representasi hasil pemikiran atau suatu obyek kajian kepada pembaca melalui bahasa tulisan. Jadi dalam hal ini setiap artikel ilmiah memiliki syarat mutlak “ditulis dengan mengikuti sistematika dan kaidah penulisan ilmiah”. Hal itu yang nantinya akan dipelajari dalam mata kuliah ini.

Bahan Kuliah Lainnya
Bahan-bahan dan slide kuliah telah saya upload pada Flexible Learning UKSW, dan silakan unduh di halaman ini.

Tugas Pertama (dikeluarkan 18 September 2013)
Terhitung sejak 1 September 2013 ini, Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Ditjen Pendidikan Tinggi kembali memberi kesempatan kepada  mahasiswa perguruan tinggi negeri maupun swasta untuk mengajukan usulan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dalam 5 bidang yaitu :  PKMP (Penelitian), PKMM (Pengabdian), PKMK (Kewirausahaan), PKMT (Teknologi) dan PKMKC (Karya Cipta) yang akan didanai untuk kegiatannya di tahun 2013. Panduan PKM dikti 2013 secara lengkap dapat di unduh disiniNah untuk kelas Penulisan Karya Ilmiah ini, buatlah sebuah kelompok, dimana satu kelompok beranggotakan 3-4 orang. Pilih salah satu jenis PKM Dikti yang akan Anda ikuti. Carilah topik yang sesuai untuk kelompok Anda. Tulis Judul dan Latar Belakang Masalah kenapa Anda memilih topik tersebut. Tulis dengan menggunakan MS Word dan email ke teguhsalatiga@yahoo.com paling lambat Senin 23 Agustus 2013 untuk Kelas Selasa, dan Rabu 25 September 2013 untuk kelas Kamis.

Tugas Kedua (dikeluarkan 25 September 2013)
Lakukan revisi tugas pertama dengan revisi yang telah dibahas dikelas untuk setiap kelompok. Lanjutkan sampai pada bab-bab seperti berikut.
A. JUDUL
B. LATARBELAKANG MASALAH
C. PERUMUSAN MASALAH
D. TUJUAN
E.  LUARAN YANG DIHARAPKAN
F.  KEGUNAAN
G.  TINJAUAN PUSTAKA (khusus PKM-P, PKM-T dan PKM-KC),
      GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA, (khusus PKM-K),
      GAMBARAN UMUM MASYARAKAT SASARAN (khusus untuk PKM-M)
H. METODE PELAKSANAAN

Sekali lagi, panduan lengkap PKM dikti 2013 secara lengkap dapat di unduh disini

Selamat mengerjakan...

11 comments:

[Z4ck zone] said...

Hadir gan..belanja elektronik di evoelectronic.com

828bet.com agen bola terpercaya piala dunia 2014

baju muslim said...

ijin nyimak dulu

model baju said...

bagus judul KTI nya

Leo said...

Pak teguh saya sudah kirim tugas 2 ke email bapak, mohon pencerahannya . hehe ..

Unknown said...

pak, refisinya per kelompok belum di posting ya ?

karim said...

baca semuanya ahh

masa subur wanita said...

menulis apalagi karya ilmiah haruslah fokus dan jangan sampai terlena dengan waktu yang ada. usahakan mendapatkan pembimbing yang sepaham dengan apa yang akan ditulisnya sehingga target waktu yang ditetapkan akan lebih mudah untuk ditepati

obatasamurat289 said...

terima kasih infonya

obatmaag289 said...

info yang bermanfaat terima kasih

obatautoimun86 said...

kunjungan siang

Unknown said...

Memang benar, yang namanya karya ilmiah memang mempunyai kaidah atau aturan tertentu yang harus kita ikuti, lain halnya dngan karya tulis yang bisa dikatakan masih bisa bebas. Teman saya juga yang kebetulan mengambil jurusan Teknik Informatika di salah satu universitas tasikmalaya sering sekali mendapat tugas membuat karya ilmiyah mengingat saat ini dia sudah mulai memasuki semester akhir.

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Anda... Bebas kok :-)

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India