Let's Explore IT !

Kata mbah Bardolo, IT tidak hanya teknik.. IT tidak hanya sains..
Tetapi IT adalah juga seni, humanisme dan cinta....

Monday 17 October 2016

[Kuliah Kapita Selekta 1.5] Tentang Penelitian

Pada bagian ini, kita akan belajar tentang Penelitian. Apa itu penelitian? Dalam bahasa Inggris, penelitian disebut "Research". Re berarti kembali, dan Search berarti menemukan. Jadi re-search bisa dimaknai upaya mencari dan menemukan kembali, inovasi-inovasi baru dalam kehidupan. Produk baru, tidak berarti harus produk belum pernah diciptakan sebelumnya. Tetapi bisa jadi produk lama, tetapi hasil dari inovasi yang baru.

Sedangkan dalam bahasa Indonesia, penelitian berasal dari kata dasar "teliti". Artinya kegiatan yang dilakukan secara penuh ketelitian. Kegiatan yang teliti, berarti kegiatan yang dilakukan dengan langkah-langkah, prosedur dan sistematika yang benar. Teliti juga berarti bahwa kegiatan dilaksanakn dengan penuh kesungguhan.

Para ahli sendiri memiliki pendapat yang berbeda-beda tentang penelitian. Kerlinger (1986) mengatakan bahwa penelitian adalah investigasi yang sistematis, terkontrol, empiris dan kritis dari suatu proposisi hipotesis mengenai hubungan tertentu antar fenomena.

Sedangkan Indriantoro (1999) mengatakan bahwa penelitian merupakan refleksi dari keinginan untuk mengetahui sesuatu berupa fakta-fakta atau fenomena alam. Perhatian atau pengamatan awal terhadap fakta atau fenomena merupakan awal dari kegiatan penelitian yang menimbulkan suatu pertanyaan atau masalah.

Secara umum, penelitian bertujuan untuk hal-hal sebagai berikut :
  • Pengembangan ilmu pengetahuan.
  • Verifikasi suatu fenomena dengan suatu teori yang telah ada. 
  • Melakukan pengujian terhadap suatu fenomena untuk menemukan suatu teori yang baru.
  • Diterapkan untuk memecahkan suatu masalah yang ada.
  • Menangkap adanya opportunity atau peluang. 
Selanjutnya bahan lengkap bisa di download disini.

1 comments:

Unknown said...

Terima kasih atas ilmunya Bapak. salam

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Anda... Bebas kok :-)

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India