Let's Explore IT !

Kata mbah Bardolo, IT tidak hanya teknik.. IT tidak hanya sains..
Tetapi IT adalah juga seni, humanisme dan cinta....

Tuesday 26 September 2023

Kuliah RPL 27 September 2023: Analisis Kebutuhan

Hari ini, Rabu 27 September 2023 kita tidak ada kuliah kelas, tetapi kuliah mandiri dan tugas kelompok. Materi hari ini adalah tentang Analisis Kebutuhan (Requirement). Analisis kebutuhan merupakan langkah awal untuk menentukan gambaran perangkat yang akan dihasilkan, ketika pengembang melaksanakan sebuah proyek pembuatan perangkat lunak. Perangkat lunak yang baik dan sesuai dengan kebutuhan pengguna sangat tergantung pada keberhasilan dalam melakukan analisis kebutuhan ini. 

Berikut yang harus Anda lakukan dalam kuliah ini:

  • Pelajari tentang Analisis Kebutuhan dari Video yang sudah saya unggah berikut ini, atau dengan klik link video Youtube disini. Jangan lupa like, comment and Subscribe ya.. wkwk..

  • Slide kuliah tentang Analisis Kebutuhan bisa diunduh dari sini
  • Analisa kebutuhan menghasilkan dokumen yang disebut dengan Software Requirement Spesification (SRS). Dokumen SRS merupakan dokumen yang menunjukkan penjelasan tentang software secara rinci. Dokumen ini berisikan spesifikasi fungsional dan non-fungsional dari perangkat lunak dan juga mencakup use cases yang menggambarkan interaksi pengguna yang berada di dalam sistem dari awal hingga akhir. Penjelasan lebih lengkap tentang SRS bisa ada klik disini
  • Contoh dari format dokumen SRS bisa di klik link disini
TUGAS KELOMPOK (TUGAS 2)

Masih dengan kelompok yang sudah dibentuk di tugas sebelumnya, tentukan sebuah obyek yang akan Anda jadikan studi kasus untuk pengembangan perangkat lunak. Obyek tersebut misalnya adalah hotel, rumah sakit, perpustakaan, toko, rental mobil, apotek, dan lain-lain. Sebaiknya obyek tersebut riil sehingga Anda bisa melakukan studi kasus secara benar. Setelah menentukan obyek studi kasus, tentukan pula software yang akan Anda kembangkan di obyek tersebut.

Setelah menentukan software yang akan dikembangkan, tahap berikutnya adalah lakukan analisis kebutuhan latar belakang pengembangan sistem tersebut dan sistem apa yang akan dikembangkan. Langkah terakhir susunlah sebuah dokumen Software Requirement Spesification (SRS). Format dokumen SRS bisa diambil dari link disini. Dari contoh tersebut, Anda hanya diminta untuk membuat sampai halaman 5 saja. Untuk bagian Use Case (halaman 6 dan seterusnya) belum perlu dibuat.

Tugas bisa dikumpulkan melalui link Gdrive berikut ini (klik disini) paling lambat 30 September 2023 jam 24.00 WIB.

Selamat mengerjakan, Tuhan Memberkati.

  

    


0 comments:

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Anda... Bebas kok :-)

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India