Let's Explore IT !

Kata mbah Bardolo, IT tidak hanya teknik.. IT tidak hanya sains..
Tetapi IT adalah juga seni, humanisme dan cinta....

Tuesday 31 October 2023

Kuliah RPL 01 November 2023: Desain Sistem Terstruktur Lengkap


Hari ini Rabu 1 November 2003, saya mohon maaf karena baru tugas ke Jakarta sehingga tidak bisa memberikan kuliah kelas dan terpaksa melakukan kuliah mandiri. Bahan kali ini adalah tentang Desain Sistem Terstruktur Lengkap. Yang dimaksud dengan lengkap, artinya bahwa desain tersebut  sudah terdiri dari 4 komponen yaitu:
  1. Perancangan Proses, dimana hal ini sudah dibahas pada bagian sebelumnya, yaitu Desain Proses dengan menggunakan Data Flow Diagram. Perancangan fungsional sistem berbasis object juga sudah dibahas juga pada bagian pembahasan Use Case Diagram.
  2. Perancangan Data, yaitu proses yang digunakan untuk mendefinisikan dan menganalisis kebutuhan data yang diperlukan untuk mendukung proses bisnis dalam lingkup sistem informasi yang sesuai dalam organisasi.
  3. Perancangan Interface, adalah proses mendefinisikan bagaimana sistem akan berinteraksi dengan entitas eksternal (misalnya: pengguna, administrator, sistem lain dan sebagainya).
  4. Perancangan Arsitektur, merupakan Desain untuk menentukan bagaimana komponen perangkat lunak dari sistem informasi akan dialokasikan ke perangkat keras sistem.

4 Komponen Perancangan Terstruktur Lengkap

Materi lebih lengkap bisa diunduh pada link di bawah ini.

Silakan unduh dan pelajari materi di atas, dan kemudian kerjakan tugas yang diberikan di bawah ini.


TUGAS HARI INI

Tugas hari ini adalah tugas kelompok, dengan materi meneruskan tugas SRS (SoftwareRequirement Specification) yang sudah dirancang sebelumnya bersama kelompok Anda. Dari SRS tersebut, buatlah sebuah power point yang berisi rangkuman dari yang telah Anda buat. Jadi power point tersebut berisi:

  • Halaman judul dan nama kelompok (1 lembar atau 1 slide).
  • Latar belakang mengapa software tersebut dibuat (1 slide)
  • Fitur software yang akan dibuat (1 slide)  
  • Analisis Kebutuhan, tunjukkan dengan Diagram Use Case (1 slide)
  • Rancangan proses dengan DFD (sesuai kebutuhan)
  • Rancangan Database: bisa dengan ERD, Table Relationship, atau yang lainnya, yang penting menunjukkan data atau tabel apa saja yang akan ditangani software tersebut (sesuai kebutuhan).
  • Rancangan Interface atau rancangan tampilan program tersebut. Sesuaikan dengan DFD atau usecase-nya.
  • Rancangan Arsitektur, apakah client-server, multi-tier atau yang lain sesuai kebutuhan.
  • Penutup (1 slide)
Tugas ini adalah tugas kelompok terakhir, sebagai final project. Jadi harus dibuat sebaik-baiknya. Minggu depan 8 November 2023 dipresentasikan di kelas. Untuk presentasi juga tolong dipersiapkan sebaik-baiknya. Dengan demikian, tugas harus dikumpulkan melalui link Google Drive berikut ini, paling lambat tanggal 7 November 2023 jam 16.00 WIB.

Link pengumpulan tugas.



0 comments:

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Anda... Bebas kok :-)

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India