Let's Explore IT !

Kata mbah Bardolo, IT tidak hanya teknik.. IT tidak hanya sains..
Tetapi IT adalah juga seni, humanisme dan cinta....

Sunday 13 October 2013

Pasar Digital : dari FTI UKSW untuk Masyarakat Desa Mlatiharjo

Prasasti Pasar Digital yang ditandatangani oleh Wagub Jateng
Hari Jumat  tanggal 11 Oktober 2013 yang lalu, satu lagi karya FTI, diluncurkan untuk masyarakat. Adalah  program IbM (Ipteks Bagi Masyarakat) yang dikomandoi oleh Suprihadi, S.Si, M.Kom, dan teman-teman yang telah mengembangkan software pasar digital dan diluncurkan pertama kali untuk membantu pemasaran hasil-hasil pertanian di desa Mlatiharjo, Kecamatan Gajah, Kabupaten Demak. Tidak tanggung-tanggung, Pasar Digital Desa Mlatiharjo ini diresmikan oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah, Drs. H. Heru Sudjatmoko, M.Si dan disaksikan oleh Rektor UKSW Prof. Pdt. John A. Titaley, Th.D dan Bupati Demak  Moch Dachirin Said.

Penandatanganan Prasasti Digital oleh Wagub Jateng
Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko dalam sambutannya menyatakan mendukung upaya pemerintah desa setempat untuk membuat pasar desa secara "online", mengingat produk yang dipasarkan merupakan produk desa setempat. Selain itu, kata dia, hal tersebut juga menjadi langkah awal untuk bersaing di tingkat global lewat teknologi informasi. Konsep pembuatan Pasar Desa Online ini memang pada awalnya di prakarsai oleh Penggerak Kegiatan Desa Mlatiharjo, yang implementasinya dibantu oleh tim dari Fakultas Teknologi Informasi UKSWdalam wadah kegiatan pengabdian bagi masyarakat.

"Kami lebih mendukung atas inisiatif sendiri, seperti halnya pasar desa digital di Desa Mlatiharjo ini," ujar Heru. Ia memperkirakan jika pengembangan pasar desa secara "online" tersebut karena dorongan dari pemerintah dengan dukungan anggaran, dipastikan tidak akan berjalan dengan baik. Oleh karena inisiatif sendiri, katanya, desa tersebut memang siap untuk memasarkan produk desa setempat lewat dunia maya yang bisa diakses oleh masyarakat luas. "Jika berhasil, tentunya bisa menjadi daya tarik daerah lain untuk menirunya," ujarnya.

Team IbM berfoto bersama Rektor UKSW 
Sementara itu Rektor UKSW yang hadir dalam acara tersebut berharap agar Software Pasar Digital yang telah dikembangkan oleh FTI UKSW ini dapat digunakan oleh masyarakat terutama untuk membantu pemasaran produk desa secara lebih luas. Pada kesempatan tersebut Rektor UKSW juga secara simbolis menyerahkan Buku SOP Pengelolaan Pasar Digital tersebut kepada Bupati Demak. Perlu diketahui, kerjasama FTI-UKSW dengan Kabupaten Demak sendiri sudah terjalin sejak tahun 2011 yang lalu, ketika Rektor UKSW saat itu menghadiri persemian Mlatiharjo sebagai Desa Inovatif Jawa Tengah (Baca : Gubernur Jateng Blusukan di Desa Inovatif Mlatiharjo,  Suara Merdeka, 28 Mei 2011).

Tentang Pasar Digital Desa Mlatiharjo

Pasar Digital Desa Mlatiharjo yang dikembangkan oleh team IbM FTI UKSW ini diharapkan mampu memperkenalkan hasil produk dari desa, baik yang berupa Produk-Produk Pertanian, Peternakan, Holtikultura (Sayur Mayur), Buah-buahan, Ternak, Produk UKM, dan Produk Layanan Jasa baik itu yang merupakan produk asli mlatiharjo, maupun dari desa - desa lainnya di Wilayah Kabupaten Demak secara langsung kepada konsumen melalui Media Internet. Aplikasi Pasar Digital tersebut pada awalnya memang di tujukan hanya untuk Desa Mlatiharjo, namun setelah melakukan koordinasi dengan desa-desa lain di sekitar, dan pemerintah kabupaten Demak, dicapai kesepakatan bahwa aplikasi Pasardesa-Mlatiharjo tidak hanya untuk produk-produk desa mlatiharjo saja namun bisa jua di pakai untuk memasarkan produk-produk desa-desa lain Se-Kab.Demak.

Proses kegiatan transaksi secara online di kelola oleh BUMdes (Badan Usaha Milik Desa) Mlatiharjo, Koperasi Petani Citra Kinaraya Mlatiharjo dan TPK-PNPM Mandiri Kecamatan. Syarat Utama sebagai  Pemasok (pemilik produk) harus menjadi melakukan registrasi sebagai anggota pada pasar desa mlatiharjo dengan mengisi Form yang telah di sediakan, mengirimkan kepada Costumer Service Pasar Desa, dan di lakukan verifikasi oleh Tim Lapangan untuk mengecek kebenaran data penjual / pemasok, informasi produk dan stok produk yang akan di masukkan ke Pasardesa-Mlatiharjo.

Sebagai Pembeli /Konsumen juga harus melakukan registrasi, dan melengkapi syarat-syaratyang telah di tentukan oleh pengelola pasar desa mlatiharjo. hal tersebut di lakukan untuk mendapatkan informasi yang jelas dan benar akan informasi konsumen, baik ketika nantinya ada komplain barang, proses pengiriman barang (jika pembeli dari luar kota),dan lain-lain yang membantu konsumen jika terjadi hal-hal yang berhubungan dengan traksaksi jual beli di situs Pasardesa-mlatiharjo.

Proses pengiriman barang di lakukan dengan menjalin kerjasama dengan Pihak Paket Cargo PT Pos Indonesia, sehingga proses pembelian yang di lakukan oleh konsumen dapat di lakukan layanan Door to Door.

Sumber :
- Kompas Cetak, 12 Oktober 2013
- Kedaulatan Rakyat, 12 Oktober 2013
- Media Online Sayangi.Com
- Website Mlatiharjo

18 comments:

Fritz Leonardo said...

FTI mantappp jaya!!! Terus berkarya utk bangsa dan negara Indonesia.

cek store said...

Terimakasih pak informasinya, sangat bermanfaat.
Saya rasa mengonlinekan produk pedesaan lewat toko online sangat bagus,

Obat Tradisional Luka Ginjal said...

terimakasih infonya

littleBrother said...

good info gan
tq
http://www.thegion.blogspot.com/

Nama Obat Vertigo said...

Terimakasih infonya, sangat bermanfaat
Salam

Cara Mengobati Epilepsi said...

wah beruntung sekali ya masyarakat disana bisa ada pasar digital nya

http://goo.gl/wcOHRc

VIMAX said...

sip banget ada pasar digital...

Adi Hartono said...

Terimakasih Atas Beritanya pak, Bagus nih untuk di simak. Saya Tunggu Berita Barunya lagi

Unknown said...

nice info..

kunjungi website ane juga donk.

http://www.tokotenga.com

Unknown said...

terima kasih sangat bermanfaat kunjungi
http://ryusaint.blogspot.com

Obat Vimax Asli said...

Program yang sangat bagus untuk kemajuan warga kab. Demak.

terima kasih infonya min

Anonymous said...

Obat vimax asli

Jasa Cargo Ekspedisi dan Pengiriman Barang Murah Jakarta said...

mampir... sini... tq

toko komputer online indonesia said...

mampir ke website kami... monggo....makasih

David Rui said...

linkedin-lead-lobotomy-2
social-accelerator-agency
fb-list-simplified
evideo-rocket
untapped-authority-backlinks
azon-deals-plugin
aw-auto-mate
seo-omega
google-topper-v2
profit-tube-ranker
health-clone
wp-local-consultancy

Fiqih said...

wah.... enak ya.... desa saya belum :-( Semoga cepat dapat desa saya....

Desa Mojoagung said...

bagus sekali idenya....sangat meninspirasikan para pemuda untuk berkarya di desa-desa mereka.

anak pagi staidarussalam said...

FTI memang mantap...semoga program seperti pasar digital untuk petani kalimantan juga ada nantinya...

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Anda... Bebas kok :-)

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India