Let's Explore IT !

Kata mbah Bardolo, IT tidak hanya teknik.. IT tidak hanya sains..
Tetapi IT adalah juga seni, humanisme dan cinta....

Tuesday 8 October 2013

Selalu Menyenangkan Ketika Melihat Mahasiswa Kita Berprestasi

Team Futsal FTI UKSW, Juara 1 Nasional Tahun 2012
Salah satu kebanggaan bagi seorang pendidik, adalah ketika melihat anak didiknya mampu meraih prestasi. Apalagi ketika prestasi itu diraih di "kandang" orang lain. Itu menjadi salah satu indikator keberhasilan dalam mendidik, dimana anak didiknya ternyata mampu bersaing secara global  sesuai dengan bidangnya.

Rasa bangga selalu muncul, ketika kami membuka lembar demi lembar buku prestasi mahasiswa. Sejarah mencatat berbagai prestasi bergengsi yang pernah diraih mahasiswa FTI dalam berbagai bidang. Tengoklah berbagai prestasi dalam bidang olahraga, seperti basket dan Futsal. Dalam cabang olah raga basket, team FTI pernah menjadi Juara I Libama Daerah Jawa Tengah (2008/2009), Juara II PORSIMAPTAR dan Juara II KOBATAMA, sampai akhirnya mereka mendapat kesempatan berlaga di IBL, sebagai kasta tertinggi liga basket di Indonesia sejak tahun 2010. Dalam cabang Futsal, Tim FTI pernah meraih prestasi tertinggi juara satu nasional dalam ajang kejuaraan nasional KIT Futsalimo tahun 2012 yang diselenggarakan di Solo.

Prestasi-prestasi lain yang tak kalah membanggakan, adalah prestasi dalam bidang akademik. Menyenangkan ketika mengingat prestasi di tahun 2008 yang lalu, dimana beberapa anak didik kami di FTI meraih 1 emas, 1 perak dan 1 perunggu di PIMNAS Unisula. Atau ketika tahun 2012 beberapa kelompok mahasiswa FTI meraih Juara dalam beberapa kategori di Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat Jawa Tengah yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah. Atau juga ketika mendengar salah satu mahasiswa FTI terpilih menjadi Google Student Ambassador yang menyisihkan ribuan pelamar dari berbagai universitas di Indonesia. Dan belum lama ini, kebanggaan juga sempat saya lihat terpancar di wajah-wajah dosen pembimbing ketika 10 kelompok bimbimbingan mereka menjadi Finalis dalam PKM FTI 2013 yang diselenggarakan akhir bulan september yang lalu.

Satu Lagi, Prestasi Nasional di Tahun 2013

Dan ini yang terbaru, di tahun 2013 ini satu kelompok mahasiswa FTI (dari progdi DKV dan TI) menggondol predikat juara dalam kompetisi Pemrograman Game tingkat Nasional dalam kategori Edu Games Challenge sebagai Best Kids Educations Games. Membanggakan melihat mereka menjadi juara dalam pagelaran nasional yang diberi nama COMFEST 2013. Apalagi pagelaran ini diselenggarakan di Universitas Indonesia dan menjadi salah satu barometer mahasiswa berprestasi di Bidang IT, selain berbagai ajang nasional seperti PIMNAS, Gemastik, dan yang lainnya.

Team Ganesha bersama para dosen pembimbing
Adalah Fabianus Bayu Setiabudi, Deddy Unggul Wirawan, Andrew Julius Sutresno dan Natanael Edoni Chandra yang tergabung dalam Team Ganesha FTI UKSW, yang merancang sebuah game berjudul Eat and Run. Game dengan tokokh utama "Si Kancil" ini merupakan game simulasi Food Web yang mengambil setting di Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan. Pada game ini, materi mengenai FOod Web disampaikan melalui pengalaman bermain sebagai salah satu hewan di ekosistem tersebut. Game inilah yang akhirnya membawa mereka ke Puncak acara COMPFEST 2013.

Tentang CompFest, seperti yang disampaikan dalam official site-nya, CompFest merupakan Festival  IT, event tahunan yang diselenggarakan oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia yang terdiri atas rangkaian kompetisi, roadshow, seminar, playground, dan entertainment. Kompetisi ini diikuti oleh berbagai universitas ternama di bidang IT seperti UI, ITB, UGM, Universitas Bina Nusantara, Universitas Multimedia Nusantara, Universitas Brawijaya, UIN Jakarta dan sebagainya. Sukses buat Ganesha Team dan sukses juga buat FTI UKSW!

Dan pagi ini, tak sengaja saya membaca sebait puisi di buku pelajaran anak saya yang kelas 5 Sekolah Dasar. Begini kutipannya..

Hari masih pagi
Semangat kita terlalu dini untuk mati..
Beprestasilah selagi muda 
Ketika kita berlimpah energi untuk berkarya..

Maju terus, anak-anak muda Satya Wacana !


18 comments:

Anonymous said...

Senang mendengarnya pak :)
Semoga ke depan semakin jegerrr dan jebreettt ya pak! Supaya Ouw...ouww...oooouuuww.... (seperti komentator sepakbola saja)
Hiduplah garba ilmiah kita!

Unknown said...

waw..
good job pak,
ikut merasa bangga dengan prestasi mereka pak
hidup UKSW!!
haha

Mc said...

Good Job pak, baca juga ini : 200 artikel menuju Blogmetrics Awards 2013

Cara Mengobati Batu Empedu said...

mudah-mudahan mahasiswa nya berprestasi semua

OBAT PEMBESAR PENIS said...

Sungguh Mulia Hatimu.... Berkat Ilmumu....Semoga Tuhan Selalu Barsamamu...Amiiin.

VIMAX said...

Baguslah Mahasiswanya masih pada mau serius belajar... bukan hanya cari pacar...

CHIP SAKTI said...

manteb....pak minta izin turut nyimak..

STAR PULSA said...

siip pak. lanjutkan !

CHIP SAKTI said...

Terima Kasih Banyak atas Informasinya, sangat bermanfaat sekali..

THALITA RELOAD said...

Cerialah Semuanya Hari ini, suka baca pertanda banyak
pengetahuan, jangan lupa nyimak informasi di web ini..

CHIP SAKTI said...

manteb banget artikelnya, izin gabung nyimak gan, Terima kasih.

info tentang macam-macam hewan said...

sip gan semua jelas dan mantap

Hotel Murah Di Jakarta said...

terima kasih atas apresiasinya pak.. anda betul2 josss

obatasamurat289 said...

informasi yang edukatif dan bermanfaat terima kasih

obatmaag289 said...

info yang bermanfaat terima kasih

erik.endriko said...

Info yang bermanfaat :)

Anonymous said...

Ada kampusku Universitas Multimedia Nusantara

tebok lovebird said...

terima kasih atas apresiasinya pak.. anda betul2 josss

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Anda... Bebas kok :-)

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India