Let's Explore IT !

Kata mbah Bardolo, IT tidak hanya teknik.. IT tidak hanya sains..
Tetapi IT adalah juga seni, humanisme dan cinta....

Wednesday 1 July 2015

[Kuliah Web Dasar] Tentang CSS

Jika Anda menjumpai style pada beberapa aplikasi pengolahan kata seperti Microsoft Word ataupun Open Office, maka hal tersebut digunakan untuk mengatur heading, subbab, bodytext, footer, images, dan lainnya. Seperti itulah fungsi CSS pada halaman web.  CSS atau Cascading Style Sheet merupakan suatu cara untuk memformat atau membuat layout halaman web menjadi lebih menarik dan mudah dikelola.  Dalam hal ini CSS mendefenisikan pengaturan style untuk suatu teks dengan jenis huruf, ukuran , warna tertentu.

Contoh Pengaturan CSS
CSS juga dapat mengendalikan ukuran gambar, warna bagian tubuh pada teks, warna tabel, ukuran border, warna border, warna hyperlink, warna mouse over, spasi antar paragraf, spasi antar teks, margin kiri, kanan, atas, bawah, dan parameter lainnya. Dengan adanya CSS memungkinkan kita untuk menampilkan halaman yang sama dengan format yang berbeda. Dengan CSS juga akan mempermudah pengelolaan website, karena kita dapat membuat prosedur atau kelas yang nantinya bisa dimanfaatkan secara berulang di setiap halaman web sesuai dengan keinginan.

CSS memiliki sintaks dasar sebagai berikut :

Selector { Property : Value }
  • Selector adalah elemen/tag HTML yang ingin diberi style.
  • Property adalah sifat-sifat yang ingin diterapkan pada selector, seperti warna text, warna background, jarak antar elemen, garis pinggir dan lain sebagainya.
  • Value  adalah nilai yang diberikan.
Untuk selanjutnya materi lengkap tentang CSS bisa di download disini :

1. Tentang CSS
2. CSS Background

3 comments:

Raitokun said...

Sebenarnya pengen tapi Jauh banget, rumah saya di jawa timur. Buka cabang disini gk ya,,??

teknologikita said...

waduh saya tinggal di daerah sangat jauh padahal mau kesana

teknologi komputer dan jaringan

Amrita Environmental Indonesia said...

Dari semua ketika buat web, yang gampang itu hanya CSS ya haha tidak ribet dan tidak menyusahkan seperti yang lainnya. Kalau tekun belajar, apsti akan cepat bisa untuk otak-atik CSS di web.

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Anda... Bebas kok :-)

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India