Let's Explore IT !

Kata mbah Bardolo, IT tidak hanya teknik.. IT tidak hanya sains..
Tetapi IT adalah juga seni, humanisme dan cinta....

Wednesday 29 May 2013

Profil Kandidat Calon Presiden Republik Indonesia 2014

SBY - Budiono (asahannews.com)
Tahun 2014 tinggal menghitung hari.  Jika dihitung dari tanggal artikel ini ditulis, Tahun 2014 kurang lebih tinggal 200 hari lagi. Itu artinya perhelatan akbar tanah air ini akan segera dilaksanakan, yaitu Pemilihan Presiden Republik Indonesia, menggantikan SBY-Budiono yang masa jabatannya berakhir (2009-2014). Penjaringan bakal calon presiden oleh Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia memang belum dilaksanakan. Tetapi masyarakat mulai "meraba-raba". Harian Kompas, 29 November 2012 pernah menulis "5 Tokoh Paling Berkualitas untuk  Calon Presiden 2014" berdasarkan sebuah survey. Tokoh yang dimaksud adalah Mahfud MD, Jusuf Kalla, Dahlan Iskan, Sri Mulyani Indrawati, dan Hidayat Nur Wahid.  Situs Okezone dalam sebuah artikelnya memuat prediksi tentang Tiga bakal Capres yang akan bertarung ketat, yaitu Jokowi, Prabowo dan Gita Wiryawan. Sementara itu koran online Tribunnews.com pun me-realease artikelnya. Tidak tanggung-tanggung dan menyebut 36 Calon Presiden Republik Indonesia dalam pemilu 2014. 

Catatan Ringan pak Teguh-pun tentu tidak mau ketinggalan mencoba menganalisa 10 Kandidat Calon Presiden berpotensi di tahun 2014. Tentu saja berdasarkan versi sendiri, dengan melihat perkembangan yang terjadi dalam setengah tahun terahir, dan setelah mencermati beberapa kajian di media masa. Urutan nomor pada profil kandidat di bawah tidak menunjukkan urutan kepopuleran atau apapun, hanya acak berdasarkan data yang diperoleh penulis terlebih dahulu.

(1) Profil Prabowo Subianto
Prabowo merupakan Purnawirawan Jendral yang saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Partai Gerindra. Putera Begawan ekonomi Indonesia Sumitro Joyo Hadi Kusumo ini merupakan alumni AKABRI lulusan tahun 1974. Pada saat masih aktif menjadi militer, karir Prabowo bisa dibilang sangat cemerlang. Beberapa jabatan strategis yang pernah diembannya antara lain adalah Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (1996-1998), Panglima Komando Cadangan Strategi TNI Angkatan Darat (1998) dan Komandan Sekolah Staf Dan Komando ABRI (1998).  Pensiun dari dinas militer, Prabowo Subianto beralih menjadi pengusaha, dan kemudian mendirikan Partai Gerakan Indonesia Raya (GERINDRA). Prabowo disebut-sebut sebagai salah satu calon kuat Presiden Republik Indonesia Tahun 2014, karena sering berada di peringkat atas berbagai survey tentang calon presiden idaman rakyat.

(2) Profil Aburizal Bakrie
Aburizal Bakrie saat ini adalah Ketua Umum Partai Golongan Karya. Anak sulung keluarga Achmad Bakrie ini lahir di Jakarta, 15 November 1946. Menyelesaikan pendidikan di Fakultas Elektro Institut Teknologi Bandung pada 1973, dan setelah itu menekuni bisnis keluarga. Di kalangan pengusaha sempat menjadi Ketua Kamar Dagang dan Industri pada periode 1994-2004. Puncak karir di pemerintahan sebelum ini adalah Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Kabinet Indonesia Bersatu periode 2004-2009.

(3) Profil Joko Widodo
Ir. H. Joko Widodo merupakan salah satu tokoh fenomenal saat ini. Tokoh yang ahir di Surakarta, 21 Juni 1961 ini memiliki karir yang luar meningkat pesat mulai dari Wali Kota Surakarta selama dua periode 2005-2015 dan menjadi Gubernur DKI Jakarta periode 2012-2017. Jokowi merupakan "idola" media masa, dimana beritanya sering membuat trending topic karena banyak gebrakan menarik yang dilakukannya dan keberpihakannya kepada masyarakat kecil.

(4) Profil Mahfud MD
Pak Mahfud, atau yang bernama lengkap Prof. Dr. Mohammad Mahfud M.D ini adalah mantan Ketua Mahkamah Konstitusi periode 2008 - 2011. Alumni program doktor Universtas Gadjah Mada ini  lahir di Sampang, Madura, Jawa Timur pada tanggal 13 Mei 1957. Pak Mahfud juga pernah menjabat sebagai Menteri Pertahanan pada Kabinet Persatuan Nasional pada tahun 2000-2001 dan Menteri Kehakiman dan HAM pada tahun 2001. Nama Pak Mahfud cukup melejit sebagai Hakim Konstitusi yang berani. Pak Mahfud sebenarnya juga adalah seorang dosen, yang pernah mengajar Hukum Tata Negara di Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta.

(5) Profil Dahlan Iskan
Dahlan Iskan saat ini masih menjabat sebagai Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kabinet  Indonesia Bersatu. Tokoh yang juga mantan Dirut PLN ini lahir di Magetan, Jawa Timur, 17 Agustus 1951. Pekerjaan sebelum menjadi menteri dan Dirut PLN adalah adalah CEO surat kabar Jawa Pos dan Jawa Pos Group. Nama ini mencuat menjadi salah satu tokoh yang diperhitungkan untuk menjadi calon presiden karena berbagai gebrakannya yang cukup berani.

(6) Profil Jusuf Kalla
Muhammad Jusuf Kalla , adalah mantan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2004-2009. Saat itu Jusuf Kalla mendampingi Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Presiden RI yang ke-6, sebagai pasangan Presiden dan Wakil Presiden RI yang pertama kali dipilih langsung oleh rakyat. Sebelum menjadi wakil presiden, Pak JK, demikian beliau akrab dipanggil, pernah menjabat sebagai menteri di era presiden Abdurrahman Wahid dan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat di era presiden Megawati.
JK juga pernah menjabat menjabat sebagai ketua umum Partai Golongan Karya periode 2004 - 2009. Kesibukan saat ini setelah menjadi wakil presiden adalah menjadi Ketua Umum Palang Merah Indonesia.

(7) Profil Hatta Rajasa
Ir. M. Hatta Radjasa saat ini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Kabinet Indonesia Bersatu II dan sekaligus juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional. Insinyur Teknik Perminyakan dari Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 1973 ini  lahir di Palembang, 18 Desember 1953. Rentetan jabatan Menteri yang pernah dilakoninya antara lain Menteri Sekretaris Negara Kabinet Indonesia Bersatu (2007-2009), Menteri Perhubungan Kabinet Indonesia Bersatu (2004-2007), serta Menteri Negara Riset dan Teknologi Kabinet Gotong Royong (2001-2004)

(8) Profil Gita Wirjawan
Gita Irawan Wirjawan atau Gita Wirjawan, saat ini adalah Menteri Perdagangan Republik Indonesia. Alumni dari jurusan administrasi, Kennedy School of Government, Harvard University, ini lahir di Jakarta, tanggal 21 September 1965. Sebelum menjadi menteri perdagangan, Gita menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal(2009-2011). Jabatan organisasi yang yang saat ini diembannya adalah Ketua Persatua Bulu Tangkis Seluruh Indonesia periode 2012-2016.

(9) Profil Megawati Sukarnoputri

Ibu Mega, atau yang bernama lengkap Dyah Permata Megawati Setyawati Sukarnoputri saat ini adalah Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Mantan Presiden Republik Indonesia tahun 2001-2004 ini lahir di Yogyakarta, 23 Januari 1947. Ia merupakan presiden wanita Indonesia pertama dan putri dari presiden Indonesia pertama, Ir. Soekarno.  Megawati pernah belajar di dua Universitas, yaitu Fakultas Pertanian, Universitas Padjadjaran (1965-1967) dan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (1970-1972), sebelum akhirnya meraih Doktor Honoris Causa dari Universitas Waseda, Tokyo, Jepang, 29 September 2001.

(10) Profil Surya Paloh
Pria bernama lengkap Surya Dharma Paloh saat ini adalah Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Partai Nasdem). Direktur Utama PT Media Televisi Indonesia (Metro TV) ini lahir di Kutaraja, Banda Aceh, 16 Juli 1951. Mengenyam pendidikan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), Medan. Surya Paloh juga adalah pimpinan Media Group yang memiliki harian Media Indonesia, Lampung Post, dan tentunya juga stasiun televisi Metro TV.

Maaf tulisan belum selesai dan masih tahap perbaikan untuk melengkapi profil yang ada..

38 comments:

Rojas said...

Terima kasih infonya.. Masih agak lama, tapi memang harus mulai dipikir sejak sekarang untuk menentukan nasib bangsa lima tahun mendatang..

abdullah said...

wew. kebayakan calon president nie. hhehehehe. nanti mungkin ujung2 nya kalo sudah terpilih masyarakat demo suruh di turunin lagi :D.. nice info D:

Desain Properti Indonesia said...

kandidat kuat yang mungkin untuk terpilih menurut saya mahfud MD ditilik dari sejarahnya tidak ada kasus "jahat" yang melibatkan dirinya

Unknown said...

Emm baru tahu ternyata pernah meraih Doktor Honoris Causa di jepang ya ? Keren juga ya
Nice artikel Gan,
Salam Kenal dari : http://Jasapenerjemahmax.com

Yeni Wijoyo said...

makin bnyak calon makin bingung .
tpii ..thnks buat infonya :)

VIMAX said...

terima kasih atas informasinya

CHIP SAKTI said...

manteb banget pak infonya..terima kasih

STAR PULSA said...

alhamdulilah banyak yang daftar

STAR PULSA said...

semangat terus dan jangaan suka menyerah

PULSA MURAH said...

Wah.. pengalaman mengasyikkan

Anonymous said...

RHOMA-KU MANA????????

jaket kulit said...

siapapun presidennya harus bisa memihak rakyat .

virginity said...

Kok gak ada Farhat Abbas? GImana nih...

Presiden Indonesia 2014 said...

Rhoma Irama kok tidak masuk nih pak?

gudang couple said...

farhat abbas?

CHIP SAKTI said...

Terima Kasih Banyak atas Informasinya, sangat bermanfaat sekali..
www.chip-sakti.web.id

CHIP SAKTI said...

manteb banget artikelnya, izin gabung nyimak gan, Terima kasih.
www.chipsakti-tiket.com

CHIP SAKTI said...

manteb banget artikelnya..
www.chip.besaba.com

THALITA RELOAD said...

Mohon Izin Gabung Nyimak ya "mas".
www.thalitapulsareload.com

THALITA RELOAD said...

semoga admin web ini selalu dalam bimbingan serta
lindungan Alloh swt. Amiin !
www.thalitajayareload.com

STAR PULSA said...

Keren banget informasinya.Banyak sekali informasi yang
saya dapat dari sini. Buat saya ini bagus untuk diikuti
www.starpulsapayment.com

TIKET PESAWAT said...

manteb banget artikelnya..

TIKET PESAWAT said...

Sangat bagus gan artikelnya, terima kasih.

PULSA MURAH said...

wow...keren banget websitenya.
www.pulsamurah.besaba.com

Anonymous said...

Alhamdulillah, Banyak yang menjadi Capres... Semoga Alloh Nenunjukkan Kita Pilihan Yang Tepat untuk Indonesia Sehingga Indonesia Menjadi Negeri Yang Gemah Ripah Repeh Rapih Sejahtera dalam keadilan, dan Adil Dalam Kesejahteraan, Menjadi BALDATUN TOYYIBATUN WA ROBBUN GHOFUUR... Aamiiiiin....
Syukron Informasinya....

Anonymous said...

Alhamdulillah, Banyak yang menjadi Capres... Semoga Alloh Nenunjukkan Kita Pilihan Yang Tepat untuk Indonesia Sehingga Indonesia Menjadi Negeri Yang Gemah Ripah Repeh Rapih Sejahtera dalam keadilan, dan Adil Dalam Kesejahteraan, Menjadi BALDATUN TOYYIBATUN WA ROBBUN GHOFUUR... Aamiiiiin....
Syukron Informasinya....

WAG Karawang

http://www.eveshopashop.com said...

Semoga di 2014 ini siapapun presiden yang terpilih, akan membawa perubahan yang benar2 nyata positifnya.

Blog Pendidikan said...

Pokoknya dalam pemilu 2014, harapan indonesia bisa lebih maju, bisa lebih mandiri, memperhatikan kalangan bawah serta yang utama berantas koruptor di negeri ini, yg menguras uang negara untuk kepentingan pribadi. siapapun presidennya bawalah negeri ini ketempat semula yang bermartabat dan berpancasila. terima kasih infonya.

Obat Herbal Darah Tinggi ( Hipertensi ) said...

semua artikel yang terdapat di web ini sangat bagus sekali. http://goo.gl/q4zU2Q
sukses selalu dengan webnya ya pa admin.
http://goo.gl/r2jdVU

Obat Kanker Paru-Paru said...

Informasi yang sangat bermanfaat sekali. http://goo.gl/YfRS9t
terimakasih banyak ya.
http://goo.gl/AM2Kvv

jasa penerjemah di jakarta said...

aku vote jokowi ya, meski pencalonannya sekarang menuai banyak pro dan kontra, saya lebih yakin terhadap mantan walikota kurus jokowi itu.

Obat Kanker Otak Herbal said...

terimakasih atas beritanya. http://goo.gl/q4zU2Q
infonya sangat bagus sekali,
terimakasih banyak ya,.
http://goo.gl/oVkwNG

Obat Herbal Radang Paru-Paru said...

ini beritanya sangat bagus sekali. http://goo.gl/xkhB4q
sukses terus ya.
http://goo.gl/4nKhVu

Bisnis Pulsa PPOB Murah said...

Nice sharing..

Pulsa Murah | Pulsa Elektrik | Pulsa Elektrik Murah | Pulsa Elektrik Paling Murah | Bisnis Pulsa | Bisnis Pulsa Elektrik

CPNS 2014 said...

Terimakasih Infonya ya, mudah2an yang jadi presiden adalah yang terbaik :)

rumahjogja.co said...

hasil quick count saat ini malah menjadi sorotan, masing2 mengklaim menjadi pemenang. Mudah2an siapapun nanti presidennya dapat mengayomi, adil dan mensejahterakan rakyat Indonesia

Unknown said...

Semoga presiden yang terpilih sekarang ini bisa dengan jujur dan tanggung jawab menunaikan amanah rakyat
tas distro

Unknown said...

ManTep,,,, Pak sby maju terus yah
http://harafimulki.blogspot.com

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Anda... Bebas kok :-)

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India