Let's Explore IT !

Kata mbah Bardolo, IT tidak hanya teknik.. IT tidak hanya sains..
Tetapi IT adalah juga seni, humanisme dan cinta....

Friday 10 May 2013

[Kuliah Etika Profesi] Download Materi Kuliah

Buku Etika Komputer, by. Teguh W, Penerbit  Andi
Mengutip pendapat Profesor Norbert Wiener (1950) yang mengatakan bahwa  pengintegrasian teknologi komputer ke dalam masyarakat akan menimbulkan "revolusi industri yang kedua".  Pendapat tersebut bisa saja terlalu tua jika dilihat dari tahun mengungkapkanya. Tetapi setelah sekian puluh tahun berlalu, pendapat tersebut seakan-akan sebagai “ramalan yang menjadi kenyataan”. Revolusi industri kedua tersebut telah terjadi. Pengintegrasian teknologi komputer ke dalam masyarakat membawa perubahan besar, hampir dalam semua sisi kehidupan  umat manusia. Perubahan besar juga terjadi pada cara berpikir manusia, baik itu dalam usaha pemecahan masalah, perencanaan, maupun juga dalam pengambilan keputusan. Perubahan yang terjadi pada cara berpikir manusia sebagai salah satu akibat adanya perkembangan teknologi tersebut, sedikit banyak akan berpengaruh terhadap pelaksanaan dan cara pandang manusia terhadap etika dan norma-norma dalam kehidupannya.

Dibalik munculnya peluang baru dalam pemanfaatan teknologi komputer untuk membangun serta memperbaiki pendidikan, bisnis, layanan pemerintahan, dan demokrasi, berbagai permasalahan baru juga muncul  berkaitan dengan manusia yang menggunakannya. Permasalahan pertama berkaitan dengan kehebatan komputer yang bersifat "logically malleable" sehingga bisa melakukan aktifitas “apapun” dalam membantu tugas manusia. Kehebatan komputer tersebut menyediakan berbagai kemampuan yang pada gilirannya memberi banyak pilihan baru untuk tindakan yang dapat dilakukan oleh pemakainya baik. Pilihan yang dimaksud bisa saja pilihan untuk tindakan yang baik dan menguntungkan, tetapi bisa juga untuk tindakan yang buruk serta merugikan pengguna lainnya.

Permasalahan kedua muncul disebabkan oleh terjadinya interaksi yang universal di atara pemakai teknologi tersebut. Sebagai contoh, munculnya internet membawa komunitas kehidupan yang baru yang sering disebut sebagai cyberspace. Berbagai masalah muncul karena cyberspace tersebut dihuni oleh individu-individu yang berasal dari berbagai negara yang mungkin saja memiliki budaya, bahasa, sifat, cara bicara, cara menulis, rasa humor dan adat istiadat yang berbeda-beda. Apalagi pengguna internet merupakan orang-orang yang hidup dalam dunia anonymouse yang tidak memiliki keharusan menunjukkan identitas asli dalam berinteraksi. Hal itu membuat diantara mereka tidak harus saling mengenal dalam arti kata yang sesungguhnya. Kompleksnya permasalahan dalam pemanfaatan teknologi komputer tersebut, mendorong munculnya bidang baru yang dikenal dengan nama “Etika Komputer”. Etika komputer merupakan bidang ilmu yang mengidentifikasi dan meneliti dampak pemakaian komputer dan teknologi informasi terhadap nilai-nilai manusiawi seperti kesehatan, kebebasan, demokrasi, pengetahuan, keamanan, pemenuhan diri, dan sebagainya. Etika komputer juga mencakup professional responsibility bagi para pelaku teknologi tersebut. Termasuk di dalamnya etika profesi yang mencakup kewajiban pelaku profesi di bidang Teknologi Informasi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sesama pelaku profesi, lingkungan, masyarakat dan bahkan kewajibannya terhadap sesama umat manusia.

Berikut adalah Materi Kuliah Etika Profesi di Bidang Teknologi Informasi - FTI UKSW :
Materi selanjutnya akan diposting secara bertahap di halaman ini.

2 comments:

Paper Underground said...

Artikel bagusss...
Sekedar ingin berbagi, brgkali bisa menambah sedikit bahan bacaan mengenai masalah2 etika bisnis...
Klik --> Makalah Kasus Suap Pajak PT Easman Christensen

Unknown said...

Di kelanjutan bab 5 dan selanjutnya pak. Salam dr Mahasiswa RIAU Jurusan Sistem Informasi

Post a Comment

Silakan masukkan komentar Anda... Bebas kok :-)

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India